Resep dan Cara Bikin Kue Tengteng. Yuk Dicoba!

Notification

×

Iklan

Iklan

Resep dan Cara Bikin Kue Tengteng. Yuk Dicoba!

Minggu, 15 Oktober 2023 | 11:21 WIB Last Updated 2023-10-16T04:24:50Z

 



NUBANDUNG.ID - Manisnya Ciamis tidak hanya orang-orangnya saja, tetapi juga manisnya Ciamis terkenal karena kudapan Tengteng yang khas. Tengteng ini banyak diproduksi di wilayah Kecamatan Cikoneng dan banyak dijual di sejumlah toko kelontong yang tersebar di Kabupaten Ciamis.


Tengteng yang juga kadang-kadang disebut Jipang ini dijual murah meriah, cuma Rp500 hingga Rp1000 saja per balok. Tenteng ini berbentuk balok dan rasanya perpaduan antara gurih dan manis.


Rupanya, rasa manis tersebut berasal dari lumuran gula merah yang memenuhi tekstur Tengteng tersebut. Uniknya, nama tengteng ini terdengar seperti bunyi lonceng. Namun, ternyata, cara pembuatannya tentu tidak ada kaitannya dengan bunyi lonceng.


Pembuatannya cukup simpel, hanya memerlukan beras atau jagung yang kemudian dicampur gula merah lalu dibentuk ukuran balok. Maka, kudapan tradisional ini tentunya menyehatkan bagi semua kalangan karena pembuatannya asli atau tidak mengandung bahan pengawet.


Bahkan, olahan tradisional ini juga bisa menjadi makanan rumahan bersama keluarga Anda. Pembuatannya yang tidak ribet juga tentunya bisa dicoba diolah sendiri di rumah.


Kini sudah banyak juga berbagai resep online yang mengkreasikan pengolahan kudapan ini lebih menarik dan lebih kreatif. Namun, proses pembuatan yang persis dengan cara aslinya dari zaman nenek moyang dulu masih tetap jadi andalan di Ciamis.


Kudapan Tengteng khas Ciamis ini juga banyak diburu pelancong di pusat toko oleh-oleh makanan khas Ciamis. Bahkan, banyak juga pemudik dari luar kota saat lebaran yang hingga memborong paket kudapan manis ini.


Resep Kue Tengteng

Tengteng merupakan makanan khas jawa barat yang berbahan dasar beras yang sudah kering atau bisa juga menggunakan beras ketan. Tengteng biasanya ada pada saat acara tertentu seperti hajatan, idul fitri, atau kenduri.


Bahan-Bahan:

– 1/4 kg beras yang sudah kering (bisa beras biasa / beras ketan)

– 1 bks kecil asam

– 10 sdm gula putih

– 2 gelas belimbing air putih

– secukupnya pasta pandan


Cara Membuat Kue Tengteng:

Goreng beras kering. Cara menggoreng sama seperti menggoreng rangginang. Masukan gula,air,pasta pandan,air asam kedalam penggorengan. Masak hingga kental dan menyerupai karamel.


Masukan beras kering yang sudah digoreng. Aduk hingga rata, Cetak dan tunggu agak mrngeras Kemudian potong sesuai selera. Tengteng siap disajikan.