Gabung Bareng POV: Author and Journal Editor, Sarasehan Kelas Menulis UIN Bandung. Catat Waktunya

Notification

×

Iklan

Iklan

Gabung Bareng POV: Author and Journal Editor, Sarasehan Kelas Menulis UIN Bandung. Catat Waktunya

Kamis, 23 November 2023 | 15:25 WIB Last Updated 2023-11-23T08:25:06Z

 



NUBANDUNG.ID - Ada geliat mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah. Namun dirasa masih perlu pembicaraan soal kelanjutannya. Oleh karena itu, Kelas Menulis gelar sarasehan.

 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Sarasehan adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat (prasaran) para ahli mengenai suatu masalah dalam bidang tertentu. Tema sarasehan ini ialah POV Author and Journal Editor.
 
Ungkapan POV, seperti dilansir detik.commerupakan singkatan dari Point of View yang memiliki arti sudut pandang. Penggunaan istilah POV saat ini populer di media sosial yang berarti sudut pandang tokoh. Sudut pandang tersebut menjelaskan bagaimana tokoh tertentu memandang, merasakan, melihat, memposisikan bahkan mengalami situasi tertentu. Tujuan dari POV ini adalah mengajak audiens mengerti angle yang disuguhkan oleh kreator.
 
Ada dua peran tokoh sentral yang diusung dalam sarasehan ini, yaitu Author (penulis) dan Journal Editor (editor jurnal). Author menunjuk pada tokoh penulis artikel yang berperan mengirim (submit) naskah ke jurnal ilmiah. Sedangkan editor jurnal yaitu tokoh pengelola jurnal yang berperan menolak atau menerima naskah artikel yang dikirim oleh penulis.
 
Seperti tercantum di poster sarasehan ini, pelaksana mengajukan pertanyaan utama, yaitu Gimna sih cara publish artikel? Untuk menjawab pertanyaan utama tersebut pemateri bakalan bahas beberapa poin penting, yakni: tips menulis artikel tembus jurnal; alur submit artikel hingga terbit; korespondensi penulis dengan editor jurnal; dan raih sarjana dengan publikasi artikel.
 
Hidayatul Fikra (Editor Jurnal Riset Agamadan Fitriani (Editor Journal of Takhrij Al-Hadithmenjadi narasumber. Keduanya berpengalaman mendampingi mahasiswa pada kegiatan-kegiatan pelatihan kepenulisan artikel ilmiah di sejumlah pendidikan tinggi se-Indonesia.Kedua orang narasumber ini merupakan fasilitator pada Kelas Menulis Sentra Publikasi Indonesia.
 
Acara sarasehan dilaksanakan hari Sabtu, 25 November 2023, Pukul 08.30-11.00 WIB. Bertempat di Smart Class Lantai 4 Fakultas Ushuluddin Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jl. AH. Nasution No. 105 Bandung. Peserta dibatasi 25 orang dengan melakukan registrasi. Khusus bagi Mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang pernah tuntas menulis artikel ilmiah.
 
Wahyudin Darmalaksana, Founder Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengapresiasi saresehan ini. “Mahasiswa punya inisiatif cerdas. Bersedia berbagi pengetahuan praktis publikasi ilmiah. Memang pengetahuan tersebut mesti disebarkan,” ungkap Yudi sapaan akrabnya dalam keterangannya, Kamis (23/11/2023)
 
 “Pengetahuan praktis dimaksud adalah peran authors dan peran editor jurnal dalam proses publikasi ilmiah. Dua sudut pandang ini penting menjadi pengetahuan bersama,” pungkasnya.