9 Ruangan Kesenian Teras Sunda Cibiru, Destinasi Wisata Budaya di Bandung Timur

Notification

×

Iklan

Iklan

9 Ruangan Kesenian Teras Sunda Cibiru, Destinasi Wisata Budaya di Bandung Timur

Jumat, 29 Maret 2024 | 07:30 WIB Last Updated 2024-03-29T00:30:00Z




NUBANDUNG.ID -- Kota Bandung dikenal sebagai Kota Kembang. Bandung salah satu destinasi andalan di Jabar. Bandung pun terus bersolek dan berinovasi dengan menambah destinasi wisata budaya yang menarik. Salah satunya Teras Sunda Cibiru.

Teras Sunda Cibiru berlokasi di Jalan Raya Cipadung, Kecamatan Cibiru, tempat ini mengusung konsep seni dan budaya. Teras Sunda Cibiru merupakan tempat pusat kesenian dan kebudayaan Sunda yang diresmikan oleh almarhum Wali Kota Bandung Oded M Danial pada Rabu 31 Oktober 2018.


Pembangunan Teras Sunda Cibiru bertujuan untuk memberikan sarana bagi penduduk Kota Bandung, terutama seniman untuk berkreasi dan berinteraksi dengan budaya Sunda.


"Teras Sunda Cibiru awal dan rencana pendiriannya ini merupakan asli keinginan atau aspirasi masyarakat seni yang ada di Cibiru, khususnya Kota Bandung wilayah timur," kata Creative Teras Sunda Cibiru Wawan dikutip dari detikJabar, Jumat (29/2/2024).


Wawan menjelaskan dengan adanya teras ini bisa dijadikan ruang untuk mengekspresikan karya-karya para seniman, baik dari sisi ekspresi budaya maupun kegiatan ekonomi.


Teras Sunda Cibiru memiliki sekitar sembilan ruangan yang bisa digunakan seniman untuk berkegiatan. Misalnya, ada Bale Riung dan Bale Utama.


"Bale Riung itu untuk kegiatan diskusi, seminar yang berskala 100 orang ke bawah dipakai untuk ruang latihan juga boleh, kemudian untuk Bale Utama ini merupakan ruang pertunjukan atau ruang seminar yang kapasitasnya kurang lebih 500 orang." ungkapnya.


Terdapat juga galeri di mana di dalamnya terdapat banyak koleksi seni dan budaya Jawa Barat, khususnya Sunda. Galeri ini menjadi fasilitas utama, sebab pengunjung dapat mengetahui akan budaya dan kesenian Sunda. Sampai sekarang Teras Sunda Cibiru masih bisa dipakai untuk umum, bukan hanya seniman.


"Tentu karena ini Teras Sunda Cibiru diperuntukkan untuk umum, jadi bukan hanya untuk seniman. Masyarakat umum juga bisa mengakses, tapi harus terkait dengan 17 subsektor ekonomi kreatif." ucapnya.