Inilah Strategi ANNABA Bangkitkan Spirit Generasi Muda Indonesia!

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah Strategi ANNABA Bangkitkan Spirit Generasi Muda Indonesia!

Selasa, 09 April 2024 | 21:18 WIB Last Updated 2024-04-13T14:21:55Z



NUBANDUNG.ID -- Asosiasi Santri Pondok Pesantren Husnul Khotimah asal Bandung Raya (ANNABA) sukses menggelar acara SENYUMAN (Serunya Menyambut Ramadhan Bersama Annaba) di SMPN 7 dan SMPN 2 Bandung. Kegiatan berupa pesantren kilat ini yang telah berjalan tanpa terputus selama 13 tahun. Dan, SENYUMAN ke-14 kali ini berkolaborasi dengan 950 siswa/i SMPN 7 dan 737 siswa/i SMPN 2 Bandung, Jawa Barat. 


Kegiatan yang mengusung tema “Semangat Pemuda Negeri, Tumbuhkan Inspirasi, Realisasikan Mimpi” ini  digelar selama empat hari (1-4/4/2024), dengan  beberapa kegiatan dan aneka macam perlombaan seperti: mentoring, general motivation dan penampilan dari peserta juga panitia yang turut meramaikan acara, sehingga memberi kesan yang tidak membosankan bagi para peserta.


Ketua Panitia SENYUMAN SMPN 2 Bandung, Saina Haura G menjelaskan, SENYUMAN adalah inisiatif santri untuk menyebarkan dakwah Islam dan pembinaan moral para pemuda, yang memadukan unsur modern dan diselenggarakan setiap tahun. 


Yang membuat para peserta betah mengikuti acara, karena di dalamnya terdapat kegiatan yang beragam. Kegiatannya antara lain: mentoring, talk show, general motivation, sharing on the road, bakti sosial, night show, malam bina iman dan takwa, perlombaan-perlombaan dan masih banyak lagi.


Biasanya, lanjut Saina, kegiatan SENYUMAN setiap tahunnya selalu sama. Tetapi, tahun ini kita memiliki konsep yang berbeda. Diharapkan, para peserta mampu menyerap materi-materi yang disampaikan, dan mulai sadar akan pentingnya masa muda ini. Selain untuk mengisi waktu liburan Ramadhan, SENYUMAN juga bertujuan untuk mengembangkan potensi para siswa.


"Sanlat kali ini tuh seru dan keren banget, mulai dari penyampaian materinya yang gak ngebosenin sama konsep sanlatnya yang menarik. Kita juga dapet banyak ilmu yang gak semua orang bisa dapetin," timpal Naura, salah seorang peserta dalam keterangannya, Selasa (9/4/2024).


Sementara, Girsan, salah seorang panitia SENYUMAN di SMPN 7 Bandung mengakui banyak mendapatkan pengalaman, pemahaman, dan pembelajaran yang menarik  setelah acara selesai.  “Namun demikian, kita pun tak luput dari kesalahan dan kekhilafan selama berjalannya kegiatan. Kami berharap kepanitiaan selanjutnya dapat mengemas acara yang lebih baik dan terorganisir, sehingga acaranya lebih sukses lagi," ujar Girsan.


Hakikatnya, lanjut Girsan, SENYUMAN kali ini lebih menekankan kepada para peserta agar lebih memanfaatkankan waktu dan memiliki tujuan yang kuat di masa muda ini. Seperti yang disampaikan Teh Ansel saat talk show , "Kita tuh harus setting the goals, harus punya tujuan yang kuat sehingga mimpi kita bisa tercapai. Dan, kami harap siswa/i SMPN 7 dapat mengambil hikmah dan manfaat dari senyuman kali ini.”[raihan/nanang]