Notification

×

Iklan

Iklan

3 Masjid dengan Arsitektur Keren di Bandung

Rabu, Mei 12, 2021 | 04:00 WIB Last Updated 2021-05-11T21:00:00Z

NUBANDUNG
– Sebagai tempat ibadah umat Islam tentu masjid menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Namun, selain sebagai tempat ibadah, masjid juga terkadang dikunjungi sebagai bentuk wisata religi.

Keindahan dan keunikan arsitektur masjid biasanya menjadi magnet yang membuat penasaran orang-orang untuk datang langsung berkunjung ke masjid tersebut.

Bandung Raya yang dikenal sebagai daerah kreatif tentu memiliki banyak bangunan masjid yang unik nan megah. Berikut 3 masjid dengan arsitektur unik dan keren Bandung.

Masjid Lautze 2


Masjid unik bergaya Tionghoa ini beralamat di Jalan Tamblong Nomor 27, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung. Masjid yang mulai dibuka pada 1997 ini merupakan masjid yang selain diperuntukkan untuk aktivitas ibadah warga sekitar, juga menjadi tempat belajar agama Islam bagi mualaf di Bandung.

Nama Lautze 2 diambil dari nama jalan yang terdapat di Jakarta. Sementara itu angka 2 untuk membedakan dengan pendirian masjid dengan nama serupa di Jakarta.

Masjid ini berdiri di antara ruko-ruko di sepanjang jalan Tamblong. Yang menjadi pembeda dengan ruko di sisi kiri kanannya adalah warnanya yang merah menyala dan bentuk bangunanya yang menyerupai kelenteng.

Ukuran masjid ini juga tak terlalu besar, yakni hanya 6 x 7 meter dan hanya dapat menampung puluhan jemaah saja.

Masjid Al Irsyad Satya


Masjid Al Irsyad Satya merupakan salah satu hasil karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Masjid yang terletak di Padalarang ini menjadi salah satu masjid unik di Bandung. Bangunan masjid ini berbentuk kubus yang tersusun dari bata-bata yang membentuk kalimat syahadat.

Masjid yang berdiri di tanah seluas satu hektar ini berdaya tampung sekitar 1.500 jemaah. Dindingnya yang berlubang memancarkan sinar matahari yang dapat masuk ke dalam masjid, sehingga bagian dalam masjid menjadi terang.

Sedangkan ketika malam hari, lubang-lubang tersebut akan mengeluarkan cahaya lampu dari dalam masjid. Dari sela-sela cahaya tersebut, nampaklah kaligrafi yang terbaca “La illa ha illallah”

Masjid yang indah nan elegan  ini telah banyak memenangkan berbagai penghargaan internasional yang bergengsi.

Masjid Agung Trans Studio Bandung


Berdiri di Kawasan pusat perbelanjaan Trans studio Mall, Masjid Agung Trans Studio bagai oase di tengah gemerlap keramaian duniawi.

Dengan arsitektur megah yang terinspirasi dari Masjid Nabawi, Masjid Agung Trans Studio memiliki bagian-bagian penting yang dilapisi oleh marmer dan granit.

Lima bangunan kubah yang berwarna perak dan emas semakin memberikan kesan mewah pada masjid ini, terlebih kubah terbesar benar-benar dilapisi oleh emas murni dan kaca mozaik.

Masjid yang diresmikan pada 2015 ini, beralamat di Jalan Gatot Subroto Nomor 289, Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung.

Sumber: Ayobandung.com
X
X