Keindahan Alami Curug Tilu Leuwi Opat di Bandung Barat

Notification

×

Iklan

Iklan

Keindahan Alami Curug Tilu Leuwi Opat di Bandung Barat

Selasa, 16 November 2021 | 07:30 WIB Last Updated 2021-11-27T03:13:36Z

NUBANDUNG
– Ketika sudah jenuh dengan penatnya suasana kota metropolitan, pergilah ke tempat yang alami nan berudara segar seperti air terjun (curug), maka dijamin stres akan hilang.

Salah satu curug yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Bandung, yakni Curug Tilu Leuwi Opat (CTLO). Curug indah ini menyajikan udara sejuk dan pemandangan yang masih asri yang terletak di Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Dinamakan Curug Tilu karena air terjun ini memiliki tiga tingkatan air terjun dan memiliki empat leuwi (sungai), yaitu Leuwi Baeud, Leuwi Bagong, Leuwi Kacapi, dan Leuwi Gentong. Masing-masing dari curug dan leuwi ini memiliki ketinggian dan kedalaman air yang berbeda-beda sehingga para pengunjung tidak bisa sembarangan berenang di kawasan curug ini.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat dua buah goa yaitu Goa Toke dan Goa Lalay. Curug tilu leuwi opat ditemukan pada 1996 dan mulai dikomersialkan sebagai kawasan wisata alam pada 2006.

Sebenarnya, di kawasan ini bukan hanya ada curug tilu, melainkan ada beberapa curug lainnya seperti Curug Aseupan, Curug Citulang, dan Curug Cilaki.

Tidak hanya menikmati keindahan alam dan berfoto ria di kawasan curug, pengunjung kawasan Curug Tilu Leuwi Opat ini juga bisa menikmati beberapa kegiatan lainnya, seperti  rappelling, body rafting, flying fox,bermain rakit, shaking bridge, dan wahana outbond lainnya.

Pengunjung yang ingin berkemah pun disediakan lahan luas untuk mendirikan tenda tanpa khawatir jika sewaktu-waktu ingin ke toilet karena beberapa kamar mandi telah disediakan di kawasan ini.

Rute dan akses


Untuk dapat mendatangi kawasan wisata ini, terdapat dua jalur. Jika datang dari arah Cimahi, kamu harus mengambil jalur Jalan Kolonel Masturi. Untuk kamu yang datang dari arah Bandung, alternatiff jalan yang diambil adalah Ledeng-Sersan Bajuri.

Dari Sersan Bajuri, kamu harus meneruskan perjalanan ke arah Parongpong. Kedua jalur ini bertumpu di satu titik yaitu Ciwangun Indah Camp (CIC) sebagai pintu masuk.

Akses menuju kawasan ini pun sudah cukup bagus. Jika ingin berwisata alam ke daerah ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 untuk tiket masuk dan Rp2.000 untuk parkir kendaraan. Namun untuk mengadakan kegiatan kamping, kamu akan dikenakan tarif tambahan yang biasanya bisa didiskusikan terlebih dahulu dengan petugas keamanan di pintu depan.

Harus hati-hati


Karena curug biasanya ada di tempat yang curam, berbukit, atau di daerah bebatuan, kami sarankan untuk kamu agar hati-hati menuju curug. Perhatikan ruten jalan, bertanya kepada penjaga tiket atau pintu masuk mengenai gambaran keadaan curug, dan jangan lupa untuk selalu menjaga diri.

Diolah dari explorebandungbarat.com