6 Makanan Khas Sunda Ini Bikin Lidah Bergoyang Nikmat!

Notification

×

Iklan

Iklan

6 Makanan Khas Sunda Ini Bikin Lidah Bergoyang Nikmat!

Jumat, 10 September 2021 | 10:30 WIB Last Updated 2021-09-10T03:30:00Z


NUBANDUNG
- Bicara soal kuliner, tiap daerah di Nusantara punya daya tarik masing-masing. Tak terkecuali dengan daerah Jawa Barat. Ada begitu banyak sajian kuliner khas Sunda yang bikin lidah bergelora.


Meski makanan Sunda berikut ini bisa ditemui di banyak tempat, jangan sampai terlewat untuk menikmati kuliner otentiknya saat kamu main ke Tanah Priangan. Apa saja sih makanan khas Jawa Barat ini? Intip bareng-bareng, yuk!


1. Karedok


Siapa yang tidak mengenal karedok? Makanan khas Sunda satu ini terbuat dari aneka sayuran mentah seperti kol, tauge, kacang panjang, mentimun, terong, dan daun kemangi serta ditambah lontong. Campuran ini lantas disiram dengan bumbu kacang. Ada pula karedok leunca yang menggunakan leunca atau ranti sebagai bahan utamanya.


2. Ayam Bakakak


Ini bukan ayam ketawa, melainkan sajian ayam bakar tradisional Sunda. Dalam bahasa setempat, masakan ini dikenal dengan bakakak hayam. Sajian ini berupa ayam kampung yang dibumbui dan dipanggang secara utuh setelah disisihkan jeroannya.


Biar makin sedap, masakan ini wajib disantap bersama sambal dan lalapan. Bisakah kamu menghabiskan satu ekor ayam bakakak sendirian?


3. Nasi Timbel


Kalau kamu bosan makan nasi putih biasa, cobalah nasi timbel yang berasal dari Bandung ini. Nasi timbel adalah nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang dan ditekan-tekan hingga padat sebelum dikukus sampai hangat. 


Lewat cara ini, aroma daun pisang yang khas pun menyatu dengan nasi putih, menciptakan cita rasa yang spesial. Dengan nasi timbel, menikmati aneka lauk-pauk seperti ayam, bebek, tahu tempe, dan sayur asem pun jadi tambah mantap. Pada perkembangannya, nasi timbel inilah yang mengilhami terciptanya nasi bakar.


4. Gepuk


Bagi penggemar masakan daging sapi, sudahkah kamu mencoba gepuk alias empal asli Jawa Barat ini? Sajian ini memadukan cita rasa manis dan gurih yang berasal dari sejumlah bumbu dan santan serta proses pengolahan yang nggak biasa.


Tekstur gepuk terkenal empuk karena dagingnya direbus dan di-gepuk alias dipukul-pukul. Cara pengolahan dengan dipukul-pukul inilah yang menjadi salah satu keistimewaan dari gepuk.


5. Sate Maranggi


Masakan sate nggak didominasi Madura dan Padang saja. Nyatanya, urang Sunda punya sate khasnya, yaitu sate Maranggi yang asli Purwakarta dan bisa kamu temui hingga Cianjur. Daging yang digunakan sebagai bahan sate memang masih umum, yaitu daging kambing atau sapi.


Tapi, yang bikin unik adalah proses marinasi sebelum daging dibakar, sehingga rasanya lebih meresap meski tanpa saus pendamping. Selain dinikmati bersama nasi putih atau lontong, sate Maranggi juga lezat disantap bareng nasi timbel. Sambal oncom irisan tomat segar juga tak boleh absen saat kamu menyantap hidangan ini.


6. Geco


Orang Cianjur tentu sudah nggak asing lagi dengan sajian kuliner yang satu ini. Geco merupakan akronim dari tauge tauco. Seperti namanya, makanan ini memang berbahan dasar tauge yang disiram dengan bumbu tauco, bumbu khas Cianjur yang terbuat dari fermentasi biji kedelai.


Hidangan ini digenapi dengan irisan ketupat, kentang, tahu, dan telur. Tak ketinggalan, cuka lahang yang terbuat dari nira juga menjadi teman setia makanan ini.


Nah, apakah kamu tertarik mencicipi sajian kuliner asli Sunda ini?