Adakah Masa Depan Elektronik? Yuk Simak Kuliah Umum di UIN Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Adakah Masa Depan Elektronik? Yuk Simak Kuliah Umum di UIN Bandung

Sabtu, 25 September 2021 | 19:15 WIB Last Updated 2021-09-25T12:15:28Z


NUBANDUNG.ID-Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati menggelar Kuliah Umum 2021 bertajuk “The Future of Electronics” yang dilakukan secara online melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (25/09/2021).


Ketua Program Studi Teknik Elektro Universitas Diponegoro Semarang, Munawar Agus Riyadi, Ph.D menjadi narasumber yang dipandu oleh Muhammad Tsani Abdul Hakim, ST., ME. dan dibuka oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Dr. Yudha Satya Perkasa, M.Si. 


Dalam sambutannya, Dr. Yudha Satya Perkasa, M.Si. mengatakan bahwa pihak Dekanat sangat mendukung dan mengapresiasi dari kegiatan jurusan yang membuka cakrawala keilmuan dalam hal ini Jurusan Teknik Elektro. 


Untuk tema yang di angkat pada tahun ini adalah masa depan elektronika, "yang tentunya ini akan sangat berkaitan dengan bidang ilmu lainnya contoh dalam bidang fisika ditemukan quantum computing yang merupakan gabungan dari system informasi, informatika, fisika dan juga elektronika itu akan menghasilkan inovasi yang luar biasa," tegas Yudha.


Dr. Yudha menjelaskan pada prinsipnya kemajuan teknologi harus kita raih dalam bidang kita masing-masing. "Dan kuliah umum kali ini akan memberikan gambaran yang luas terutama bagi mahasiswa agar tertarik untuk mendalami bidang yang didalaminya dalam hal ini bidang teknik elektro," jelas Yudha.


Menurut Ketua Jurusan Teknik Elektro, Nanang Ismail, MT menyampaikan bahwa kegiatan Kuliah Umum ini merupakan kegiatan rutinitas tahunan yang diselenggarakan Jurusan Teknik Elektro, yang ditargetkan sebagai pencerahan bagi mahasiswa Teknik Elektro terutama mahasiswa baru dan mahasiswa lainnya agar dapat mengetahui perkembangan teknologi terutama dalam bidang Teknik Elektro. 


"Pada tahun ini sengaja menghadirkan ketua prodi Teknik Elektro Universitas Diponegoro Semarang Munawar Agus Riyadi, Ph.D, yang tentunya akan sharing pengetahuan The Future of Electronics sesuai dengan tema yang diangkat pada kuliah umum tahun ini," tutur Nanang.


Munawar Agus Riyadi, Ph.D, membahas tentang sejarah peradaban manusia dari masa ke masa yang  diikuti oleh perkembangan teknologi, dan terjadinya revolusi industry itu dimulai saat ditemukannya mesin uap, kemudian terus berkembang. 


Munawar menyampaikan bahwa, "saat ini kita tidak bisa terlepas dari alat elektronika, setiap hari kita selalu menggunakan alat elektronika, dan harus diakui bahwa kemajuan teknologi elektronika berasal dari kebutuhan militer," papar Munawar.


"Hidup manusia semakin terikat dengan peralatan dan teknologi, perkembangan teknologi elektronika merupakan salah satu pendorong utama kemajuan going digital, bahkan perkembangan elektronika lebih pesat dari perkembangan otomotif," jelas Munawar.


Perkembangan elektronika merupakan pendorong kemajuan teknologi lain. "Teknologi chip: semakin kecil, semakin cepat, semakin cerdas serta trend aplikasi saat ini: intelligent sensors, MEMS, biomedical apps," lanjut Munawar.


Eki Ahmad Zaki Hamidi, MT Sekretaris Jurusan Teknik Elektro menyampaikan bahwa tema yang diangkat dalam kegiatan kuliah umum ini tentunya berdasarkan perkembangan teknologi terkini, terutama dalam bidang Teknik Elektro sehingga akan memberikan wawasan bagi mahasiswa yang mengikuti  kegiatan kuliah umum," ujar Eki.


Kuliah Umum ini diikuti 300 peserta secara online, "tidak hanya mahasiswa Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung, tapi mahasiswa Teknik Elektro dari kampus lain diantaranya Unisma 45 Bekasi, UPI, USB Bandung, Universitas Pelita Bangsa, dan Untag Cirebon, karena memang kegiatan ini terbuka untuk umum terutama mahasiswa Teknik Elektro," jelas Eki. 


Antusias peserta yang mengikuti kegiatan kuliah umum ini "dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan baik melalui chat room maupun raise hand, dan diakhir acara panitia memberikan door prize yang diberikan kepada peserta yang beruntung," pungkas Eki.