Notification

×

Iklan

Iklan

Dadang Supriatna: Dari Sampah Bisa Menjadi Sumber Rezeki Masyarakat

Rabu, September 22, 2021 | 10:33 WIB Last Updated 2021-09-22T03:33:57Z


NUBANDUNG
– Sampah bisa menjadi sumber rezeki bagi masyarakat. Dengan sampah ternyata bisa naik haji, beli rumah, beli kendaraan, juga kebutuhan lainnya.


“Sebab tidak semua jenis sampah bisa merugikan masyarakat,” kata Bupati Bandung HM Dadang Supriatna, saat menabung sampah secara simbolis, ke Bank Sampah Bangkit Produktif di Taman Edukasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Jumat (17/9/2021) sore.


Asal mau memilah dan memilih, sampah, kata bupati, semua keinginan bisa saja terpenuhi. Solusi semua itu menurutnya bisa melalui bank ampah, yang akan membeli semua jenis sampah sesuai kriteria.


“Itu sebuah anugerah yang bila kita lakukan akan berbuah menjadi sumber penambahan pendapatan kita,” kata Bupati Bandung.


Kang DS, sapaan Dadang Supriata, mengimbau masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan, melainkan memanfaatkannya untuk kebaikan bersama.


“Sebab dari sampah kita sebenarnya bisa meraih harapan,” ujar dia.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Asep Kusumah, menyebutkan, tidak selamanya sampah itu kotor dan menjijikan yang bisa mengganggu kehidupan masyarakat.


Dengan memperlakukan sampah secara bijak dan benar, menurut dia, sampah akan menjadi bagian sumber penghasilan masyarakat.


Ia mencontohkan, sampah kemasan botol plastik, besi, atau yang lainnya, mempunyai nilai ekonomis, tinggal masyarakat memperlakukannya.


Tidak ia pungkiri, masyarakat tidak mau ribet, setelah minum, kemasannya langsung dibuang, begitu pula dengan benda lainnya.


Perilaku itu, katanya, hanya akan menambah permasalahan. Dia mengajak masyarakat memilah dan memilih sampah.


“Lakukan dari sekarang dan petik hasilnya nanti. Bank sampah siap menampung semua barang yang akan dijual. Selanjutnya, terserah masyarakat, mau bentuk cash atau tabungan, tinggal memilih saja,” kata Asep.

X
X