Pemuda Muhammadiyah Kota Bandung: Pemuda Itu Harus Cerdas dan Berintegritas!

Notification

×

Iklan

Iklan

Pemuda Muhammadiyah Kota Bandung: Pemuda Itu Harus Cerdas dan Berintegritas!

Rabu, 22 September 2021 | 11:26 WIB Last Updated 2021-09-22T04:26:27Z


NUBANDUNG
- Pemuda adalah sosok individu yang mempunyai karakter khas yang spesifik yaitu revolusioner, optimis, berpikiran maju dan memiliki moralitas serta sifat lainnya yang disadari juga dilakukan dengan semangat muda untuk mengarahkan bangsa kearah yang lebih baik. 


Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran pemuda dalam suatu bangsa. Dalam catatan sejarah perjalanan bangsa ini, menempatkan peran pemuda senantiasa menjadi pilar dan motor untuk mencapai kemerdekaan serta kemajuan bangsa. Hal ini diungkapkan Cepi Aunilah, ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Bandung, dalam rilis yang diterima redaksi.


"Pemuda merupakan tonggak perubahan bangsa Indonesia, karena dipundaknyalah  masa depan bangsa ini dititipkan. Selain itu, Pemuda juga yang menjadi penerus estafet bangsa Indonesia nantinya. Dengan syarat, pemudanya adalah pemuda yang progresif dalam menjalankan perannya sebagai agent of change dan agent of social control sebagaimana yang digaung-gaungkan selama ini." Katanya. 


Kang Cepi juga melihat bahwa perlu untuk disadari bahwa betapa besar peran dan kekuatan seorang pemuda. 


"Seperti yang dikatakan oleh proklamator kita Bung Karno “beri aku sepuluh pemuda, akan kuguncangkan dunia”. Tentu bukan tanpa alasan bung Karno melontarkan kalimat sakti ini, tetapi karena ia menyadari betapa besar kekuatan para pemuda." tegasnya. 


Musda KNPI Kota Bandung harus dijadikan momentum untuk menunjukan Pemuda sebagai Insan yang cerdas dan berintegritas, Mengapa harus cerdas dan berintegritas? Jelas karena cerdas bukan hanya sekedar pintar, tetapi cerdas adalah bijak dalam mengaplikasikan ilmunya dengan tepat. 


"Sedangkan integritas merupakan sikap konsisten dalam tindakan, nilai-nilai, dan prinsip-prinsip. Orang yang memiliki integritas berarti orang yang memiliki karakter yang kuat dalam memegang teguh prinsip-prinsip kebenaran yang ia yakini, sehingga orang yang berintegritas tidak akan gampang ternoda dari pengaruh luar maupun pengaruh dari siapapun. Karena orang yang memiliki integritas merupakan orang yang teguh pada prinsip-prinsip idealismenya." tuturnya.  


Melalui Musda DPD KNPI Kota Bandung, Cepi Aunilah selaku Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Bandung berharap, Jangan sampai integritas dan idealisme para Pemuda dibayar dengan harga yang sangat murah, dengan politik transaksional pada kontestasi tersebut, sehingga Musyawarah tersebut tidak akan  menghasilkan ide, gagasan, dan program-program inovatif yang bermanfaat.


"Untuk itu, mari kita semua saling bahu membahu dalam memikul tanggung jawab yang besar, pemuda Indonesia harus kuat secara intelektual dan moralitas. sehingga kita bisa mewujudkan cita cita  harapan masyarakat untuk generasi pemuda yang akan membawa perubahan bagi bangsa Indonesia." pungkasnya.