Notification

×

Iklan

Iklan

Kampus UIII di Depok Siap Selenggarakan Perkuliahan Tahun Ini

Jumat, September 10, 2021 | 09:22 WIB Last Updated 2021-09-10T02:22:00Z


NUBANDUNG
- Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) siap menyelenggarakan perkuliahan tahun ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai meninjau progres pembangunan kampus UIII di Cimanggis Depok.


Kehadiran Menteri Agama di Cimanggis untuk melihat langsung progres kampus UIII. Gus Yaqut sapaan akrabnya menilai bahwa secara fisik, progress semakin maju.


“Kita juga berdiskusi dengan Pak Rektor dan seluruh jajaran terkait dengan kesiapan untuk menyelenggarakan perkuliahan di tahun ini,” terang Gus Yaqut di Cimanggis, sebagaimana diberitakan oleh Kemenag.co.id, Rabu (8/9/2021).


“Kita semua berdiskusi dan insya Allah UIII siap untuk membuka perkuliahan tahun ini,” sambungnya.


Lanjut, Menag pun berharap keberadaan kampus UIII nantinya bisa menjadi legacy buat bangsa Indonesia dan untuk peradaban dunia.


Untuk diketahui, dibangunnya kampus UIII yang berlokasi di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, dalam upaya untuk kembali meneguhkan peradaban Islam di Indonesia dan bakal jadi pusat kajian islam dunia. Hal tersebut dilakukan pemerintah pusat melalui Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.


Dalam peletakan batu pertama tahun 2018 lalu, sebagaimana dikutip dari jabarprov.go.id, Presiden Joko Widodo berharap dibangunnya kampus ini bisa menjadi pusat kajian atau penelitian peradaban Islam tingkat dunia yang ada di Indonesia. Terlebih, Indonesia di kenal sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. 


"Kita berharap Universitas Islam Internasional Indonesia, benar-benar menjadi pusat kajian, pusat penelitian peradaban Islam di negara kita, Indonesia," ujar Jokowi yang didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dalam sambutannya pada acara peletakan batu pertama proyek Kampus UIII di area Gedung Pemancar LPP RRI, Cimanggis, Kota Depok, Selasa pagi, (5/6/18).


Pemerintah menargetkan pembangunan konstruksi utama kampus UIII rampung di tahun 2020, karena terkendala Pandemi, pembangunnya jadi sedikit molor, dan dilanjutkan Januari tahun 2021.


Dikutip dari tribunnews.com, percepatan pembangunan kampus UIII telah menjadi salah satu pembangunan prioritas karena telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).


Tenaga Ahli Utama Kedeputian I Kantor Staf Presiden (KSP) Helson Siagian melakukan kunjungan kerja ke proyek pembangunan kampus UIII di Depok pada Jumat 22 Januari 2021 lalu, Helson menyampaikan, percepatan pembangunan kampus UIII juga sejalan dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai prioritas utama dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. 


Agenda prioritas bidang SDM adalah pengembangan pendidikan agama Islam yang mengedepankan semangat demokrasi, kebinekaan, moderasi beragama, dan menjadi rujukan dunia. 


Apalagi, Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia. UIII nantinya akan menjadi perguruan tinggi Islam berwawasan global sebagaimana amanat Presiden Jokowi. 


“Kampus ini akan menjadi center of excellence yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia," ujarnya.


Sementara itu, Rektor UIII Komaruddin Hidayat yang hadir dalam kunjungan kerja KSP menyambut dukungan yang diberikan berbagai pihak dalam pembangunan kampus UIII.

 

“Kami sangat siap untuk memulai kegiatan akademik pada tahun ini," katanya.


Bahkan, kata Komaruddin, UIII telah menyiapkan tenaga pengajar terkemuka dari dalam dan luar negeri serta menyediakan beasiswa penuh bagi mahasiswa lima angkatan pertama. 


“UIII juga akan membuka program pascasarjana dengan tujuh fakultas, meliputi kajian Islam, ekonomi Islam, pendidikan, sosial-humaniora, sains-teknologi, hingga seni dan arsitektur," tambah mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah tersebut.

X
X