Notification

×

Iklan

Iklan

Pertegas Islam Nusantara, di UNINUS Bandung Ada Mata Kuliah Aswaja An-Nahdliyah

Kamis, September 09, 2021 | 13:33 WIB Last Updated 2021-09-09T06:33:35Z


NUBANDUNG
- Rektor Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Engkus Kuswarno mengatakan saat ini UNINUS memberlakukan pengayaan kurikulum dengan muatan mata kuliah Ahlussunah wal Jamaah an-nahdliyah. 


“Identitas kurikulum memperkaya pembekalan mahasiswa melalui materi Aswaja an-nahdliyah yang sudah dirintis sejak tahun lalu,” katanya pada pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung secara daring, Senin (6/9/2021).  


Pada tahun akademik tahun ini, lanjutnya, materi Aswaja an-nahdliyah sudah terintegrasi di dalam kurikulum dalam semua program studi sebagai ciri institusi Universitas Islam Nusantara. 


Sementara Ketua Aswaja Center UNINUS Rano Syarif Wihardja menjelaskan materi Aswaja an-nahdliyah adalah untuk mempertegas UNINUS sebagai kampus Islam Nusantara. Untuk tujuan itu, setiap program studi harus ada mata kuliah tersebut.


"Untuk jenjang S1 terhitung 3 SKS, sementara S2 dan S3 ada 0 SKS," katanya. 


Menurut dia, materi Aswaja an-nahdliyah merupakan pengganti mata kuliah Al-Islam yang selama ini diterima mahasiswa. Perubahan tersebut untuk menegaskan bahwa UNINUS adalah kampus yang berhaluan Ahlussunah wal Jamaah an-nahdliyah.  


Ia menambahkan, dosen-dosen yang akan pengampu materi Ahlussunah wal Jamaah an-nahdliyah adalah dosen UNINUS yang sudah mendapat penguatan di Madrasah Aswaja dari Aswaja Center UNINUS. 


“Dan itu akan dilakukan evaluasi setiap 3 bulan,” katanya.


Selain itu, sambungnya, para mahasiswa juga wajib mengikuti Madrasah Aswaja yang dilakukan Aswaja Center UNINUS.


(Abdullah Alawi/NU Jabar Online)

X
X