Kue Klepon, Jajanan Tradisional Murah yang Nikmatnya Melumer di Mulut

Notification

×

Iklan

Iklan

Kue Klepon, Jajanan Tradisional Murah yang Nikmatnya Melumer di Mulut

Sabtu | November 13, 2021 Last Updated 2021-11-13T03:02:46Z


NUBANDUNG
– Yups, menemukan penjual jajanan pasar di kota-kota besar memang gampang gampang susah. Keberadaan jajanan ini kian meredup seiring berkembangnya zaman. 


Padahal, jajanan ini memiliki cita rasa yang nikmat dan harganya pun ramah dikantong. Salah satu dari sekian banyak jajanan pasar yang sangat nikmat tersebut adalah Klepon.


Klepon merupakan makanan tradisional yang memiliki bahan baku berupa tepung beras ketan dengan toping parutan kelapa. Klepon ini bukan sekedar cemilan tradisional biasa, klepon juga mengandung banyak filosofi. 


Salah satunya adalah mengajarkan tentang kesederhanaan dalam menjalani hidup. Filosofi ini diambil dari kesederhanaan dalam proses pembuatan hingga bahan-bahan yang digunakan untuk membuat klepon ini.


Bentuk bulat yang tidak sempurna ini menginsyaratkan bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Lalu warna hijaunya miliki arti bahwa sebagai manusia hati kita harus hidup agar selalu berbuat baik dalam hal apapun. 


Rasa manis yang berasal dari dalam adonan warna hijau dan taburan toping parutan kelapa ini juga memiliki maknanya sendiri.


Rasa manis dari dalam adonan mempunyai makna bahwa kebaikan hati setiap manusia hanya dapat dilihat dari dalam. Sedangkan taburan parutan kelapanya memiliki arti bahwa setiap perjalanan hidup, kita harus melewati tahapan-tahapan yang ada. 


Mengingat, jika kita ingin mengambil daging buah kelapa, kita harus mengupas kulit dan tempurung kelapa ini satu persatu.


Harga yang perlu ideafams keluarkan untuk membeli klepon juga sangat terjangkau. Para pedagang menjual klepon dengan harga Rp2.000 per-kemasan dengan 1 kemasannya berisi 4 butir klepon. Biasanya mereka mulai membuka dagangannya saat pagi hari pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.