Satria, Relawan Muda RCCE Kota Bandung Sekaligus Duta Kesehatan Sekolahnya

Notification

×

Iklan

Iklan

Satria, Relawan Muda RCCE Kota Bandung Sekaligus Duta Kesehatan Sekolahnya

Kamis | November 11, 2021 Last Updated 2021-11-11T12:33:05Z


NUBANDUNG
- Kota Bandung berhasil merekrut Kader Relawan Muda yang masih bersekolah. Tercatat sedikitnya ada 10 orang Siswa SMP dan SMA di Keluruhan Margasari yang aktif menjadi relawan RCCE Kota Bandung. 10 Relawan ini diantaranya adalah Satria.

 

Satria merupakan siswa SMA 21 Kota Bandung. Pemuda yang aktif di Karang Taruna Kelurahan Margasari ini, pergerakannya sangat lincah. Awalnya, Satria memberanikan diri daftar menjadi relawan RCCE Kota Bandung ini. Karena kebetulan "passion" yang ia minati ialah aktivis organisasi. Karena itu, dengan adanya program relawan RCCE Kota Bandung merupakan suatu tantangan tersendiri baginya.


Satria dan kawan-kawan lainnya sudah melakukan edukasi dan promosi kesehatan di Kelurahan Margasari. Tercatat sudah berjalan 3 bulan terakhir ini, satria aktif mengedukasi warga dengan cara "door-to-door" ke setiap rumah di Kelurahan margasari agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan, vaksinasi, dan aktif membagikan masker gratis pada warga.


Menurutnya kegiatan seperti ini menjadi pegalaman yang baru bagi dirinya karena ada pengalaman unik yang bisa dia rasakan. Ketika melakukan edukasi, ada yang menganggap dia sedang berjualan masker, sedang bercanda bikin konten dan lainnya. Itu semua Satria tanggapi dengan bijak, lho. Dia coba menjelaskan pentingnya protokol Kesehatan dan ajakan vaksinasi yang sangat bermanfaat untuk warga. 


Satu hal yang menjadi motivasi Satria mengikuti kegiatan ini adalah ingin mengakhiri pandemi segera mungkin. Karena menurutnya waktu dia bermain dan nongkrong dengan temannya jadi tidak ada, sehingga merasakan kebosanan yang luar biasa, “stress a katanya banyak duduk di rumah teh.” ujarnya. 


Maka dari itu, Satria mencoba bersama teman-temannya melakukan kegiatan Edukasi di Sekolahnya. Satria memanfaatkan momentum sekolah untuk melakukan edukasi kepada teman, guru dan orang–orang yang ada di lingkungan sekolahnya. 


Selain mengedukasi tentang pentingnya protokol Kesehatan, 5 M dan Vaksinasi, Satria juga membagikan selebaran tentang edukasi penangkal berita hoax di media. 


Satria dan Kawan-kawan selalu membagikan kegiatan di Story WhatsApp nya, dan itu semua konsisten mereka lakukan, sehingga kemudian Sekolah mengangkat Satria menjadi Duta Kesehatan di sekolahnya.