Saung untuk Penginapan di Desa Wisata Ciburial Garut

Notification

×

Iklan

Iklan

Saung untuk Penginapan di Desa Wisata Ciburial Garut

Kamis | November 04, 2021 Last Updated 2021-11-04T06:02:47Z

 


NUBANDUNG
- Desa Wisata Saung Ciburial merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang ada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kawasan tersebut menawarkan wisata edukasi dan budaya dengan mengangkat kearifan masyarakat sekitar. 


"Kami berusaha mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat lokal, tanpa merekayasa keadaan asli," tutur salah satu pengelola Desa Wisata Saung Ciburial Siti Julaeha, Minggu (24/10/2021). 


Sebagai sebuah kawasan wisata, Desa Wisata Saung Ciburial mengembangkan beberapa pilihan akomodasi untuk pengunjung, yakni berupa bungalo dan homestay. 


1. Saung CIburial


Salah satu bungalo yang dapat dinikmati wisatawan di kawasan desa tersebut adalah Saung Ciburial. Saung ini merupakan ikon dan cikal-bakal penginapan di kawasan tersebut. 


"Ada Saung Ciburial yang memiliki empat kamar. Saung ini merupakan awal penginapan yang ada di Desa Wisata Saung Ciburial," ujar Siti. 


Saung Ciburial memiliki empat kamar dengan kapasitas delapan sampai 15 orang. Wisatawan perlu membayar mulai dari Rp 3 juta untuk bermalam di penginapan ini. Bungalo ini dibangun di atas danau alami Ciburial.  Bagian dinding bangunan dilapisi dengan anyaman bambu sementara bagian lantai terbuat dari papan kayu. 


2. Saung Cikalapa 


Saung Cialapa merupakan bungalo terbesar di Desa Wisata Saung Ciburial. Saung Cikalapa memiliki enam kamar dengan kapasitas maksimal mencapai 24 orang. Sama seperti tipe penginapan lainnya di kawasan tersebut, Saung Cikalapa di bangun di atas danau dengan nuansa tradisional. 


Selain dapat menikmati suasana danau, wisatawan juga bisa melihat pemandangan Gunung Papandayan dan Puncak Darajat dari bangunan tersebut. Wisatawan juga bisa memberi makan ikan yang ada di danau dari balkon penginapan. 


Harga sewa Saung Cikalapa adalah sebesar Rp 5 juta per malam. 


3. Saung Cigintung 


Dibandingkan dengan Saung Ciburial dan Cikalapa yang dibangun di atas danau, Saung Cigintung dibangun di atas bukit. Bukit tersebut masih berada di kawasan Desa Wisata Saung Ciburial. 


Wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam dari saung ini. Selain itu, Saung Cigintung juga dikelilingi perkebunan serta persawahan warga. Penginapan ini direkomendasikan bagi wisatawan yang menginginkan suasana yang lebih privat. 


Saung Cigintung disewakan dengan harga mulai dari Rp 2,5 juta per malam. Penginapan ini terdiri dari empat kamar dengan kapasitas maksimal 16 orang. 


4. Homestay rumah warga


Selain itu, wisatawan juga bisa menginap di homestay bersama masyarakat setempat. Desa wisata ini menyediakan sedikitnya 80 homestay. Selain harganya lebih murah, wisatawan juga bisa lebih merasakan irama kehidupan warga setempat. 


Desa Wisata Saung Ciburial menjadi salah satu desa yang masuk dalam daftar 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Desa ini terletak di Jalan Waluran, Sulaksana, Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.