Zhong Shanshan Geser Jack Ma Sebagai Orang Terkaya di Negara China

Notification

×

Iklan

Iklan

Zhong Shanshan Geser Jack Ma Sebagai Orang Terkaya di Negara China

Rabu | November 10, 2021 Last Updated 2021-11-10T02:21:38Z


NUBANDUNG
- Pengusaha air mineral kemasan Zhong Shanshan menjadi orang terkaya di China pada 2021 versi Forbes. Kekayaan Zhang menyalip pendiri Alibaba Jack Ma yang posisinya turun ke peringkat lima.


Melansir Forbes, Selasa (9/11), harta pendiri dan pemimpin Nongfu Spring ini mencapai US$65,9,07 miliar atau sekitar Rp939 triliun (asumsi kurs Rp14.250 per dolar AS). Angkanya naik dari tahun lalu, US$53,9 miliar, saat Zhong menduduki peringkat ketiga.


Kekayaan Zhong melesat saat Nongfu Spring IPO di Hong Kong Stock Exchange pada September 2020. Kemudian, sekitar seperenam kekayaannya berasal dari perusahaan vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy yang melantai di bursa saham pada April 2020.


Zhong harus berjuang keras untuk menjadi konglomerat. Ia berasal dari keluarga miskin dan putus sekolah sejak SD.


Setelah itu, ia bekerja di bidang konstruksi dan juga pernah bekerja sebagai reporter di salah satu surat kabar. Menambah rentetan pengalamannya, Zhong juga pernah menjadi agen penjual minuman.


Pada 1997, Zhong mendirikan perusahaan pendahulu Nongfu di kampung halamannya, Hangzhou. Perusahaan tersebut, yang dikenal dengan air mineral kemasan, juga menjual minuman kemasan lainnya seperti teh dan jus.


Adapun peringkat kedua orang terkaya China tahun ini diduduki oleh pendiri perusahaan pengembang TikTok ByteDance, Zhang Yiming, dengan nilai kekayaan US$59,4 miliar. 


Kemudian, petinggi produsen baterai kendaraan listrik Contemporary Amperex Technology Robin Zheng menduduki peringkat ketiga dengan harta US$50,8 miliar.