Sholat 5 Waktu Itu Wajib: Inilah 10 Dalil Perintahnya dalam Alquran

Notification

×

Iklan

Iklan

Sholat 5 Waktu Itu Wajib: Inilah 10 Dalil Perintahnya dalam Alquran

Rabu, 10 November 2021 | 09:37 WIB Last Updated 2021-11-10T02:37:20Z


NUBANDUNG
- Sholat itu dibagi dua, sholat sunnah dan sholat wajib. Sholat sunnah banyak macamnya. Sedangkan sholat wajib cuma 5 waktu.


Sholat lima waktu terdiri atas sholat subuh, dzuhur, ashar, magrib, dan isya.  Bila sholat 5 waktu itu wajib, apa dalil perintahnya sholat dalam Alquran?


Berikut 10 dalil perintah sholat di dalam Alquran:



1. Surat Al Baqarah ayat 43


وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ


Artinya: Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk. (QS Al-Baqarah: 43)


2. Surat Al Baqarah ayat 45


وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ


Artinya: Dan memintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk. (QS Al-Baqarah: 45)


3. Surat Al Baqarah ayat 110


وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ


Artinya: Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala di sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu perbuat (QS Al-Baqarah: 110)


4. Surat Annisa ayat 103


اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا


Artinya: Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS Annisa: 103)


5. Surat Al Isra ayat 78


أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا


Artinya: Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan dirikanlah pula sholat subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan oleh malaikat. (QS Al Isra: 78).


6. Surat Ar Rum ayat 17-18


فَسُبْحٰنَ اللّٰهِ حِيْنَ تُمْسُوْنَ وَحِيْنَ تُصْبِحُوْنَ - ١٧ وَلَهُ الْحَمْدُ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَعَشِيًّا وَّحِيْنَ تُظْهِرُوْنَ - ١٨


Artinya: Maka bertasbihlah kepada Allah pada petang hari dan pagi hari (waktu subuh), dan segala puji bagi-Nya baik di langit, bumi, malam hari, dan waktu dzuhur (tengah hari). (QS Ar Rum: 17-18)


7. Surat Hud ayat 114


وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ


Artinya: Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu dapat menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. (QS Hud: 114).



8. Surat Az Zariyat ayat 56


وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ


Artinya: Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku. (QS Az Zariyat: 56)


9. Surat Al Hajj ayat 78


فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَاعْتَصِمُوا بِاللَّهِ هُوَ مَوْلَاكُمْ ۖ فَنِعْمَ الْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ النَّصِيرُ


Artinya: maka, dirikanlah sholat, bayarlah zakat, dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. (QS Al Hajj: 78)


10. Surat Al Bayyinah ayat 5


وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ


Artinya: Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar mendirikan sholat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar). (QS Al Bayyinah: 5)


Itulah 10 dalil perintah sholat di dalam Alquran. Jadi, bila ada seseorang yang mengatakan bahwa sholat 5 waktu tak ada perintahnya di dalam Alquran, maka tunjukkan saja 10 dalil ini.


Ok? Hayu sholat!