Inilah 5 Program Studi S1 yang Berkaitan dengan Perubahan Iklim

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah 5 Program Studi S1 yang Berkaitan dengan Perubahan Iklim

Minggu, 24 April 2022 | 12:41 WIB Last Updated 2022-04-24T05:41:19Z


NUBANDUNG.ID
- Hari Bumi atau Earth Day diperingati setiap tanggal 22 April. Disebutkan dalam situs resmi Earth Day, Hari Bumi diakui secara luas sebagai hari aksi mengubah perilaku manusia serta membuat perubahan kebijakan lokal, nasional, dan global di seluruh dunia.


Salah satu agenda yang selalu dibahas dalam hari bumi adalah perubahan iklim. Nah apabila kalian ingin mempelajari lebih lanjut mengenai perubahan iklim ada beberapa jurusan kuliah yang sesuai.


Simak penjelasan di bawah ini yang dikutip dari laman Florida Institute of Technology:


1. Manajemen Keberlanjutan


Jurusan ini mempelajari tentang energi terbarukan, ekonomi keberlanjutan, bangunan hijau, dan tata kelola lingkungan. Selain itu, jurusan ini juga membicarakan solusi terhadap dampak perubahan iklim.


2. Oseonografi atau Kelautan


Jurusan kelautan mempelajari banyak hal seperti biologi, kimia, pengelolaan wilayah pesisir, geologi, dan fisika. Pendekatan multidisiplin ini menginformasikan para ilmuwan tentang dinamika ekosistem dunia, geologi dasar laut, dan dinamika fluida.


Dengan mempelajari bidang kelautan, seseorang dapat mengembangkan cara baru untuk memulihkan lahan basah dan garis pantai, mengelola suaka margasatwa, dan mempelajari tentang bencana yang terjadi di laut.


3. Teknik Sipil


Jurusan teknik sipil ternyata juga termasuk jurusan kuliah yang dapat mengatasi perubahan iklim. Hal ini dikarenakan seorang insinyur teknik sipil membangun kanal, instalasi pengolahan air limbah, dan menghasilkan strategi pengembangan lahan yang berkelanjutan.


Mahasiswa teknik sipil dapat mengambil peminatan lingkungan seperti geoteknik, struktural, sumber daya air, dan manajemen konstruksi.


4. Meteorologi


Jurusan meteorologi adalah jurusan utama yang membahas perubahan iklim. Hal ini dikarenakan mereka meniliti perubahan suhu laut, permukaan atmosfer, kelautan, geologi, dan perubahan lingkungan.


Jurusan ini juga membantuk memberikan model simulasi mengenai dampak perubahan iklim terhadap kenaikan permukaan laut, kekeringan, dan pola cuaca buruk.


Selain itu di meteorologi juga membahas bagaimana manusia berdampak negatif pada ekosistem alam.


5. Biologi


Ilmu biologi membantu manusia untuk memahami alam. Di dalam ilmu biologi, manusia sangat mempengaruhi ekosistem yang ada di alam.


Jurusan ilmu biologi akan meneliti tentang akukultur, laut, molekuler, bioteknologi, konservasi, dan ekologi.


Nah itulah jurusan kuliah yang membahas tentang perubahan iklim.