Ingin Artikel Jurnal Terpublikasi, Ikuti WPAJ Ala UIN Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Ingin Artikel Jurnal Terpublikasi, Ikuti WPAJ Ala UIN Bandung

Selasa, 21 Juni 2022 | 09:48 WIB Last Updated 2022-06-21T03:33:24Z

NUBANDUNG.ID - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar agenda tahunan Workshop Penulisan Artikel Jurnal (WPAJ).


Tahun 2022 adalah penyelenggaraan WPAJ tahun ke tiga. “Ini merupakan agenda tahun ke tiga,” ungkap M. Zia Ulhaq Albana Ketua Umum HMJ IAT. WPAJ ke-3 Tahun 2022 mengambil tema “Tuangkan Imajinasimu dalam Menulis.”

 

WPAJ digelar oleh Departemen Pengembangan Nalar dan Intelektual (PNI) HMJ IAT. “Kali ini WPAJ diikuti 75 peserta dari lintas pendidikan tinggi keagamaan Islam,” tutur Shifwah Salsabila Zahira Ketua Panitia didampingi Nazwa Amalia Sekretaris Panitia WPAJ 3 Tahun 2022.

 

Workshop dilaksanakan tanggal 18 Juni 2022 yang akan berakhir tanggal 23 Juni 2022. Pada hari ke 3 telah ada yang tuntas latihan penulisan artikel atas nama Febry Rudiantara, Demisioner Ketua Umum HMJ IAT Tahun 2020-2021.

 

WPAJ 3 Tahun 2022 menghadirkan narasumber Irma Riyani, Ph.D., Ketua Laboratorium Fakultas Ushuluddin dan Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Pegiat Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

 

Latihan dilaksanakan bertahap menggunakan Modul Kelas Menulis. Peserta diarahkan untuk menerapkan manajemen pengutipan Mendeley. Pasca latihan akan dilaksanakan RE-SEE, yaitu peninjauan kembali naskah melibatkan ahli bidang keilmuan.  

 

Setelah RE-SEE, artikel akan disertakan dalam konferensi untuk dipresentasikan dalam bahasa Inggris. Terakhir, proses publikasi ilmiah di Conference Series. Sedangkan artikel terpilih akan direkomendasikan untuk submission (pengiriman) ke jurnal ilmiah reguler.


Ecep Ismail, M.Ag., Ketua Jurusan IAT dan Siti Chodijah, M.Ag., Sekretaris Jurusan IAT beserta jajaran Dekanat Fakultas Ushuluddin memberi dukungan penuh untuk kesuksesan WPAJ 3 Tahun 2022. Terutama dukungan untuk komitmen meningkatkan capaian publikasi artikel ilmiah mahasiswa. 


Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag. memberikan motivasi dan apresiasi pada gelaran WPAJ 3 Tahun 2022. “Ini agenda hebat terlebih pesertanya telah melibatkan akademisi lintas pendidikan tinggi” tuturnya di Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jln. AH. Nasution 105 Bandung, Selasa, (21/06/2022)