Jamaah Calon Haji Kabupaten Bandung Berangkat ke Tanah Suci, Sahrul Gunawan: Sehat dan Mabrur!

Notification

×

Iklan

Iklan

Jamaah Calon Haji Kabupaten Bandung Berangkat ke Tanah Suci, Sahrul Gunawan: Sehat dan Mabrur!

Jumat, 24 Juni 2022 | 16:32 WIB Last Updated 2022-06-24T09:32:34Z


NUBANDUNG.ID - Kuota haji Jawa Barat tahun ini berjumlah 17.566 orang. Dari jumlah tersebut 11.044 orang jemaah haji sudah diberangkatkan ke Tanah Suci.


Malam nanti, 404 calon haji asal Kabupaten Bandung bersama enam orang tenaga kesehatan bakal diberangkatkan dari Asrama Haji Kota Bekasi menuju Jeddah.


Ratusan calon haji itu dilepas oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI, Tubagus Ace Hasan Syadzily, di Gedung Raudhah Asrama Haji Kota Bekasi, Kamis (23/6/2022).


Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD Golkar Jawa Barat yang akrab disapa Kang Ace ini meminta agar pemerintah meningkatkan layanan bagi jemaah haji.


Menurutnya, pelayanan yang baik bagi jemaah haji akan membuat jemaah lebih fokus dalam beribadah.


“Kami berharap pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) dan unsur terkait lainnya terus memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu-tamu Allah sehingga Bapak Ibu enggak usah mikir makannya bagaimana, tinggal di mana. Semua sudah disiapkan dengan baik, Bapak Ibu hanya fokus pada ibadah,” ujar Kang Ace, dalam keterangannya Jumat (24/6/2022).


Selama di Mekkah, kata dia, jamaah akan mendapat makan 50 kali. Jemaah dari Jawa Barat akan dilayani dengan menu makanan sesuai khas cita rasa Sunda.


"Jadi, enggak usah khawatir soal makan. Mau sayur asem ada. Mau sambal juga ada. Jadi kita fokusnya ibadah," katanya.


Bahkan kata dia, saat ini pemondokan harus setingkat hotel bintang tiga. Paling banyak satu kamar diisi lima orang. "Kalau lebih, laporkan kepada kami," ucapnya.


Dalam kesempatan itu juga Ace menyinggung soal biaya ibadah haji dan pengelolaan keuangan haji selama ini.


"Sebagai Ketua Panja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Komisi VIII DPR, perlu Bapak Ibu ketahui sesungguhnya biaya haji per orang itu sebesar Rp 101 juta. Tetapi, DPR bersama pemerintah akhirnya memutuskan biaya haji per orang sebesar Rp 39 juta," katanya.


Jemaah haji, kata Ace, mendapat subsidi dari dana haji yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Dana yang dikelola tersebut dipergunakan sepenuhnya untuk kemaslahatan dan kepentingan jamaah haji.


"Jadi dana haji itu aman. Kalau ada yang bilang digunakan untuk selain haji, itu bohong. Hoaks. Nilai manfaatnya (dana haji) dipergunakan sepenuhnya untuk pelayanan jamaah haji." jelasnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Bandung Sahrul Gunawan, yang didampingi Ketua DPRD Sugianto serta anggota DPRD Jabar Cucu Sugyati berpesan agar jemaah selalu menjaga kesehatan.


"Semoga di sana sehat. Pulang membawa haji mabrur dan dilancarkan segalanya,” ujar Sahrul Gunawan.