Resep Lezat dan Cara Membuat Sambal Terong Teri

Notification

×

Iklan

Iklan

Resep Lezat dan Cara Membuat Sambal Terong Teri

Minggu, 24 Juli 2022 | 08:51 WIB Last Updated 2022-07-24T02:21:11Z


NUBANDUNG.ID
– Baraya di tatar Sunda, pasti mayoritas penyuka sambal. Saat makan tanpa sambal yang menemani, maka aktivitas makan seumpama kehidupan tanpa pasangan. Hambarrr dan ambyarr!


Tak hanya di Tatar Sunda, sambal juga adalah salah satu ikon kuliner Indonesia. Ada begitu banyak jenis sambal dan beragam bahan bisa diolah jadi sajian sambal. Kali ini kita akan mengulik sambal terong dan teri. 


Dikutip dari laman nibble.id, tekstur terong yang lunak ternyata cocok banget dimasak dengan sambal lho. Penambahan ikan teri krispi membuat rasanya gak monoton dan makin enak saat dimakan bersama nasi. 


Penasaran? Yuk, langsung tengok resep dan cara membuat sambal terong teri berikut ini.


Bahan Terong Teri:


- 2-3 buah terong ukuran sedang, cuci bersih lalu potong dadu

- 50 gram ikan teri, cuci dan rendam air panas sebentar

- 6-8 sdm minyak goreng


Bahan sambal:


- 2 buah cabai merah besar, bisa diganti cabai keriting

- 5 buah cabai rawit, jumlah disesuaikan selera pedas

- 6 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

- 1 buah tomat ukuran sedang

- Garam secukupnya

- Gula secukupnya

- Penyedap rasa sesuai selera


Cara memasak Sambal terong teri: Panaskan minyak goreng, pertama goreng terong hingga tampak layu dan sedikit menyusut. Kemudian gunakan minyak untuk menggoreng ikan teri sampai kering. Angkat dan sisihkan.


Siapkan semua bahan yang akan digunakan. Gunakan minyak bekas gorengan terong dan teri untuk menggoreng cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Goreng hingga layu dan tampak matang. Kemudian, haluskan semua bahan sambal tersebut.


Tumis sambal sampai berubah warna jadi lebih gelap dan menguarkan aroma. Masukkan terong goreng, aduk dan ratakan. Tambahkan 50 ml air dan bumbui dengan garam, gula, penyedap rasa. Masak dengan api sedang dan biarkan hingga bumbu tampak meresap. Lalu koreksi rasa dan sesuaikan dengan selera kalian.


Jika rasa sudah pas dan bumbu sudah menyusut, masukkan ikan teri goreng. Aduk cepat lalu segera angkat. Sambal terong teri sudang matang dan siap dihidangkan. Selamat menikmati.