Copywriting of Misunderstanding

Notification

×

Iklan

Iklan

Copywriting of Misunderstanding

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 11:56 WIB Last Updated 2022-08-27T04:56:51Z


By: Tedi Taufiqrahman, Admin Grup Copypasti


NUBANUNG.ID - Saya pernah menulis status. Orang akan bilang ini ilustrasi, padahal orangnya bener ada. Hidup, berotot dan bertetangga. 

 

Percaya atau tidak, setidaknya orang akan baca lagi untuk memastikan kata terakhir. "Oh iya benar, bertetangga bukan bertenaga."


Ini lumrah, teknik sederhana dan receh belaka cuma mengacaukan ritme yang sudah ada dengan ritme baru yang sebenarnya ada. 


Alam bawah sadar Anda sudah paham dan hapal kalau setelah kalimat berotot itu selanjutnya pasti bertenaga bukan bertetangga. 


Tapi, kan, yang berotot juga tinggal di sebuah rumah, dan pasti dong punya tetangga. Jadi bertetangga juga kan? 


Siapa yang suruh anda untuk meneruskan kalimat setelah berotot itu bertenaga? Ayo. Sudah lupa bukan? Begitulah selama ini iklan mempermainkan kita, sampai alam bawah sadar. 


Teknik ini jarang dipakai oleh pegiat copywriting dan jarang sekali diajarkan karena jauh untuk sampai pada penjualan, sekaligus tidak menarik karena tidak berujung closing. 


Di copypasti kita tidak hanya belajar tentang bagaimana berjualan tapi juga membahagiakan. Makes people happy. Funny as always. Laughter and lighter. 


Bisa saja saya menulis bercelana, tapi untuk apa? Bermaksud kocak? Tidak. Itu malah sedikit merendahkan masuknya ke slapstick nanti dan itu tidak baik apalagi berkaitan dengan orang lain. 


Maka, pilihan bertetangga sudah cukup pas. Tidak menyakiti namun cukup membuat orang mengerutkan dahi. 


Bertetangga? Cukup masygul. 


Sekarang bagaimana cara membuatnya? Bagaimana kata itu bisa muncul? 


Pertama, anda harus menemukan pola umumnya, yang sering digunakan. Misal, sehat-sentosa, dunia-akhirat, amal-sholeh, tajam-terpercaya.


Singkatnya anda cari ucapan mainstream. Lalu tekuk yang terakhir. Stand up comedy bilang ini punchline. Mungkin saja. Tapi pola ini tidak bermaksud melucu lho. 


Hanya mengalihkan, mendisrupsi pemahaman. Bisa jadi lucu, bisa tidak. Kalau lucu, beruntung. Kalau tidak, ya gak apa-apa, hidup kok harus lucu melulu. 


Pola ini sebenarnya diambil dari salah satu seni hipnosis Milton Erickson yang berhasil menyelesaikan persoalan rumah tangga antara suami dan istri yang sering bertengkar. Namanya, The Art of Misunderstanding


Jadi tiap kali bertengkar, suami selalu keluar rumah meninggalkan istri. Dan kembali lagi ke rumah bertemu dengan istri seperti tidak ada masalah. Pola ini terus berlangsung yang pada akhirnya membuat sang istri merasa tidak dihargai. Lalu bagaimana menyelesaikannya? 


Erickson mengubah pola, "Sekarang," Pinta Erickson pada perempuan yang datang padanya tanpa harapan. "Ketika anda berdua bertengkar, sebelum suami anda keluar. Anda dahului ia pergi. Keluar saja."


"Lalu kemana saya harus pergi?" Tanya perempuan itu bingung. 


"Kemana saja, ke tempat yang kau inginkan. Tempat yang sudah lama tidak kau kunjungi. Atau bertemu teman lama. Atau hanya sekedar makan sore sendiri. Kenapa tidak? Bahagiakan dirimu sebentar saja, jangan pikirkan suamimu."


Dengan cara seperti itu Erickson bisa menyelesaikan masalah antara suami istri yang nampaknya sudah tidak menemukan jalan temu. 


Kepanjangan ya gais, hahaha. Maaf. Makasih udah baca sampai sini.


Tentang Copypasti: 

Grup FB privat Copypasti berposisi sebagai Ruang Belajar Copywriting. Tagline grup ini ialah "praktik adalah kunci".

- Minat join? Nih Caranya. 

- Biaya Registrasi 200rb Seumur Hidup

- Konfirmasi Registrasi Dan Pembayaran Ke WhatsApp 08562062465