FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop Bisnis Digital untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Notification

×

Iklan

Iklan

FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop Bisnis Digital untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Selasa, 25 Oktober 2022 | 10:26 WIB Last Updated 2022-10-25T03:26:03Z


NUBANDUNG.ID
- Era disrupsi membawa perubahan baru pada sektor bisnis dan wirausaha. Adanya banyak platform  digital membuka peluang bagi mereka yang tertarik untuk menjadi entrepreneur di usia muda. Tetapi, masih banyak yang bingung saat memulai bisnis secara digital. 


Menjawab permasalahan tersebut, Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi mengadakan WORKSHOP BISNIS DIGITAL (Business Fundamental & Digital Marketing) guna membekali mahasiswa tingkat akhir dengan keterampilan di bidang Bisnis Digital, pada Selasa (18/10/2022). 


Kegiatan tersebut diadakan secara luring di Ruang Rapat Gedung Rektorat Universitas Siliwangi dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Andesni Hirda Putri yang merupakan owner Lozy Hijab, dan Fauziah, S.E., M.M. sebagai CEO AMD Academy dan Digital Marketing Specialist.

 

Andesni Hirda Putri selaku owner Lozy Hijab membahas tentang Bussiness Fundamental. 


"Bisnis ialah soal menjawab kebutuhan manusia karena kita butuh orang untuk menggunakan dan membeli produk yang ditawarkan." ungkapnya.


Pada sesi ini seluruh peserta diperkenalkan kembali mengenai strategi pemasaran 4P yaitu product, place, price, dan promotion dengan studi kasus pada brand Lozy Hijab. 


Setelah menerima materi Bussiness Fundamental, workshop dilanjut dengan materi pengenalan Digital Marketing dan Riset Digital sekaligus praktek pembuatan sosial media marketing. 


Pada sesi ini turut hadir pula Ibu Fauziah, S.E., M.M selaku CEO dari AMD Academy dan seorang Digital Marketing Specialist, yang mana peserta diperkenalkan dengan materi serta diawali quiz untuk mengukur sejauh mana mahasiswa mengetahui soal Digital Marketing. Dilanjut penjelasan dan praktik riset data digital disertai studi kasus. 


"Riset kata kunci pada dasarnya adalah pondasi dari bisnis online dan pemasaran digital. Setelah riset dilakukan, maka tugas berikutnya adalah membuat landing page yang berkualitas dan lakukan optimasi media sosial media untuk mendatangkan traffic." jelasnya.


Sesi terakhir workshop, Ibu Fauziah beserta Tim, yakni Miftakhul Mukarromatun Nisa, peserta diperkenalkan dengan Sosial Media Marketing dengan proses pembuatan konten pemasaran dari berbagai platform mulai dari menentukan riset sosial media utama, membuat strategi konten dan melakukan evaluasi secara rutin. 



Seluruh peserta selanjutnya menyusun proses perancangan dan pembuatan konten dengan panduan. 


Selaku ketua pelaksana, Qiny menyampaikan, “Tujuan workshop ini adalah untuk Menumbuhkan serta mengembangkan jiwa kewirausahaan dalam bisnis digital di kalangan mahasiswa, khususnya dalam meningkatkan minat dan motivasi berwirausaha dan meningkatkan keterampilan dan kompetensi mahasiswa untuk menggeluti bisnis digital khususnya business fundamental dan digital marketing. Apalagi melalui workshop ini, tpeserta idak hanya dibekali dengan materi tetapi dengan praktek langsung oleh para praktisi, khususnya praktek dengan menggunakan tools seperti Google Trends, Ubersuggest, Membuat Landing page, mengenal SEO dll dalam Digital Marketing dan Social Media Marketing”. 


Kegiatan workshop Bisnis Digital ini dilaksanakan dengan menarik, sehingga peserta begitu antusias mengikuti pelatihan sampai dengan diskusi. Diharapkan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Agama Islam dapat meningkatkan kompetensi dalam mengoptimasi bisnis melalui digital marketing, sehingga membuka peluang usaha bagi mereka yang tertarik untuk menjadi enterpreneur muda maupun menjadi seorang Digital Marketer dan Social Media Specialist.