Opak Ketan Khas Sunda: Asal-Usul, Resep dan Cara Membuatnya

Notification

×

Iklan

Iklan

Opak Ketan Khas Sunda: Asal-Usul, Resep dan Cara Membuatnya

Minggu, 23 Oktober 2022 | 16:12 WIB Last Updated 2022-10-23T09:12:09Z


NUBANDUNG.ID
- Biasanya opak bakar dijual di pusat oleh-oleh khas Bandung bersama dengan rengginang. Opak masih keluarga kerupuk sehingga sering dikelompokan dengan aneka kerupuk. 


Selain itu opak juga bisa dibuat dengan bahan dasar singkong atau ubi kayu. Paling terkenal enak adalah opak ketan bakar khas Buah Dua, Sumedang, Jawa Barat, Jabar.


Menurut situs Wikipedia Opak adalah kudapan khas Sunda yang kering renyah sejenis dengan kerupuk. Opak berbeda bahan dasarnya dari kerupuk. Kerupuk terbuat dari tepung tapioka atau tepung aci, sedangkan opak terbuat dari tepung beras/ketan yang diberi bumbu garam, gula, kelapa parut dan bumbu penyedap. Opak berbeda dengan kemplang.


Opak Ketan adalah opak khas Jampang Kulon, Sukabumi Jawa Barat ini memang terkenal rasanya yang gurih dan renyah, masyarakat disana sendiri sering menyebutnya CD Jampang yang terbuat dari beras ketan, opak ketan sendiri ada 2 jenis macam-macam varian rasa, yaitu :


Opak Ketan Manis atau orang Sunda Sering menyebutnya dengan sebutan Opak Bereum. Opak Singkong parut atau orang Sunda sendiri menyebutnya Opak Sampeu adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari Singkong yang diparut, lalu dikasih bumbu seperti, Garam, MSG, dan Cabe Merah.


Asal-Usul Opak Ketan


Opak dikenal pertama kali di daerah Jawa Barat, terutama kawasan Priangan. Bahan dasar berupa tepung beras yang telah dibumbui dicampur dengan air kemudian ditumbuk sehingga berbentuk adonan lunak. Adonan ini kemudian diambil sebagian dan dibentuk lembaran-lembaran tipis. Lembaran ini lalu dikeringkan. 


Setelah kering, lembaran dipanggang di atas bara api sehingga melunak dan renyah. Di beberapa daerah di Jawa Barat, opak juga merujuk ke kerupuk enye atau kecimpring walaupun nyatanya keduanya adalah jenis kerupuk yang berbeda baik dari cara pembuatan, tekstur dan rasa. 


Seperti opak nasi sisa, opak dari nasi basi, opak gendar dari nasi, opak gaplek, dll. Walaupun banyak yang menyebutnya opak tapi kenyataannya berbeda dengan opak ketan Jabar.


Penganan ini dapat dimakan sendiri sebagai cemilan atau jajanan atau mendampingi menu lainnya, seperti lontong atau makanan lainnya.


Opak adalah makanan atau cemilah khas Sunda daerah Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras ketan putih. Nutrisi yang terkandung dalam opak adalah karbohidrat. Bentuk dan warna nya mirip kerupuk kemplang panggang khas Palembang yang gurih kalau opak rasanya gurih manis. 


Opak ketan bakar bisa juga di goreng yang disebut opak goreng. Sebelum dipanggang atau digoreng kita harus membuat opak mentah terlebih dahulu. Bahan dasar pembuatan opak adalah tepung beras ketan putih, garam, gula, dan bumbu bumbu penyedap lainnya. Kemudian bahan dasar dicampur menjadi sebuah adonan. 


Adonan kemudian dikeringkan. Setelah kering kemudian dipanggang di atas bara api. Berikut resep dan cara membuat opak ketan khas Sunda mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis oleh-oleh khas Bandung.


Resep Opak Ketan Khas Sunda


- 1 kg beras ketan putih

- 2 butir telur

- 1/4 butir kelapa kelapa parut (catatan: untuk 3 kg beras ketan dibutuhkan 1 butir kelapa)


Cara Membuat Opak Ketan Khas Sunda:


Cuci beras ketan putih, lalu tanak hingga menjadi nasi ketan. Nasi ketan ditumbuk, lalu dicampur kelapa parut dan telur. Campuran bahan tersebut dibentuk pipih dengan ukuran sesuai dengan selera.


Adonan yang sudah dibentuk dijemur hingga kering di bawah sinar matahari. Jika tidak ada sinar matahari, pengeringan bisa dilakukan dalam ruangan tertutup yang dihangatkan dengan baskom alumunium yang diisi bara dari arang dan abu gosok. Adonan yang sudah kering dibakar pada nampan kawat yang diletakkan di atas bara dan abu gosok. 


Pemanggangan dilakukan hingga adonan berwarna kuning kecoklatan.