5 Bahan Alternatif untuk Bersihkan Noda Kotoran di Pakaian

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Bahan Alternatif untuk Bersihkan Noda Kotoran di Pakaian

Rabu, 09 November 2022 | 15:50 WIB Last Updated 2022-11-09T08:50:53Z

  


NUBANDUNG.ID - Pakaian yang kita kenakan sehari-hari bisa kapan saja terkena noda yang tidak diinginkan. Seperti noda tinta, noda makanan, sampai noda darah saat kita sedang datang bulan. 


Selain menghilangkan noda dengan deterjen dan beberapa bahan kimia lainnya, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan untuk membersihkan noda di pakaian, loh. Bahan-bahan tersebut juga mudah kita dapatkan dari dapur. 


Dilansir dari The Spruce, berikut ini 5 bahan alternatif yang bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan noda pada pakaian.


1. Perasan Air Lemon/Jeruk Nipis


Air perasan lemon atau jeruk nipis memiliki sifat sebagai pemutih alami pada kain karena kandungan asam asetat yang terdapat di dalamnya. 


Kamu bisa memakai air perasan lemon ini untuk menghilangkan noda kuning pada pakaian putih. Bisa juga air perasan lemon digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian berwarna, namun harus segera dihilangkan agar warna pakaian tidak luntur.


2. Air Cuka


Air cuka dapat menghilangkan noda kuning dan bau keringat pada bagian ketiak, menghilangkan noda jamur, serta memutihkan dan mencerahkan pakaian. Selain itu, air cuka lebih baik dan aman digunakan daripada produk pemutih pada umumnya. 


Kamu juga bisa menambahkan 1 cup cuka putih ke bilasan terakhir untuk membuat pakaian terasa lembut dan berbau segar. Manfaat lainnya yaitu air cuka bisa digunakan untuk membersihkan mesin cuci dan menghilangkan bau apeknya. 


3. Tepung Maizena


Tepung maizena adalah salah satu bahan dapur yang bisa diandalkan untuk menghilangkan noda pakaian terlebih lagi yang mengandung minyak. Kandungan yang terdapat pada tepung yang terbuat dari jagung ini mampu menyerap noda berminyak dan menghilangkannya. 


Caranya cukup mudah, cukup taburkan tepung maizena di atas noda berminyak dan biarkan selama 10 menit sebelum menggosoknya dan membilasnya dengan air bersih.


4. Garam Dapur


Sifat abrasif ringan pada garam dapur dapat membantu menghilangkan noda pada pakaian. Contoh noda yang bisa dihilangkan adalah noda membandel akibat tumpahan anggur merah. 


Kamu bisa memanfaatkan garam dapur dengan menaburkannya di atas noda dan biarkan beberapa saat untuk menyerap cairan noda. Lalu sikat sebelum mencucinya.


5. Baking Soda 


Selain digunakan untuk membuat kue bisa juga digunakan untuk membersihkan pakaian, loh. Selain mudah didapatkan, baking soda termasuk bahan yang aman digunakan untuk semua jenis kain pakaianmu. 


Baking soda juga bisa bertindak sebagai peningkat kinerja deterjen dengan mencampurkannya. Hasilnya kain terasa lebih lembut dan bau lebih segar.