Prodi Ekonomi Syariah FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop Metode SEM

Notification

×

Iklan

Iklan

Prodi Ekonomi Syariah FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop Metode SEM

Rabu, 16 November 2022 | 12:55 WIB Last Updated 2022-11-16T05:55:14Z


NUBANDUNG.ID
- Sebagai upaya peningkatan keilmuan dan kemampuan staff dosen dan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, pihak jurusan menyelenggarakan workshop metodologi menggunakan Metode Structural Equation Modeling (SEM). 


Pelatihan yang diikuti oleh 10 orang dosen eksyar dan 80 Mahasiswa dari berbagai angkatan di Fakultas Agama Islam  ini dilaksanakan pada Jum'at 11 November 2022 di Ruang Rapat Rektorat lantai 2. 


Acara ini dipandu langsung oleh Rizaldi Yusfiarto, M.M., dari Tim Riset WACIDS (Waqf Center for Indonesian Development & Studies) sekaligus Dosen dari UIN Sunan Kalijaga. 


tentang SEM


SEM adalah suatu alat statistik yang sangat berguna bagi para peneliti pada bidang ilmu sosial (ekonomi, sosiologi, anthropologi, psikologi, dan lain sebagainya). 


SEM telah menjadi suatu “keharusan” untuk penelitian non eksperimental, dimana metode untuk pengujian teori belum dikembangkan secara menyeluruh. Sehingga tidaklah mengherankan jika terdapat banyak sekali software yang menawarkan SEM. 


Peserta sangat antusias mengikuti workshop ini karena Peserta diajak mempraktekkan pengolahan data menggunakan SEM, sekaligus interpretasi data-data yang digunakan pada output olah data di SEM. 


Rizaldi Yusfiarto, M.M mengatakan bahwa jika riset menggunakan SEM dan kualitas risetnya bagus ini memiliki peluang untuk publish di Scopus. 


"Artinya dengan menggunakan SEM peluang Scopus sangat tinggi." katanya.  


Sebagai ketua pelaksana, Elis berharap, para peserta yang mengikuti workshop ini dapat meningkatkan kualitas risetnya, baik dosen dan juga mahasiswa. 


"Dengan mengikuti workshop ini para peserta berpeluang untuk melakukan publikasi jurnal, baik nasional maupun internasional akan semakin besar dan berkualitas,” harapnya.*** (RLS-USL)