5 Tips Bimbingan Skripsi bagi Mahasiswa UIN Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Tips Bimbingan Skripsi bagi Mahasiswa UIN Bandung

Senin, 30 Januari 2023 | 08:30 WIB Last Updated 2023-01-30T01:30:00Z

 



NUBANDUNG.ID-Muhammad Amin, dosen muda Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung memberikan tips bimbingan skripsi bagi mahasiswa. Yuk kita simak biar cepat lulus.

Dikutip dari laman UIN Bandung, saya mencoba memperhatikan bagaimana proses mahasiswa yang melakukan bimbingan skripsi di Fakultas Syariah dan Hukum @fsh.uinsgd Saya amati kira-kira apa saja yang menjadi kendala baik dari sisi dosen maupun mahasiswa ketika proses bimbingan berlangsung.

Pertama, silakan membawa SK pembimbing skripsi ketika pertama kali melakukan bimbingan. Tidak semua dosen menghafal nama mahasiswa yang menjadi bimbingannya. Maka, sudah selayaknya membawa SK pembimbing dan perkenalkan diri dengan baik.

Kedua, pakai pakaian yang selayaknya. Sama seperti ketika perkuliahan berlangsung, minimal pakai kaos berkerah atau lebih bagus kemeja, celana kain atau levis-jangan yang ada lobang-lobangnya di lutut tapi ya-, pakai juga sepatu. Jangan pakai sarung dan sandal. Itu memang bagus secara agama, tetapi kurang etis ketika dipakai ketika bimbingan. Intinya ciptakan kesan pertama yang baik supaya ke depan lebih mudah.

Ketiga, kuasai skripsi lalu catat, rekam, dan perhatikan apa yang menjadi masukan dari pembimbing. Pahami konsep kenapa penelitian penting dilakukan, apa urgensinya, apa metodenya, apa sumber datanya. Ini harus jelas sejak awal. Perkuat juga data awal agar penelitian lebih kuat dan tidak banyak perubahan.

Keempat, lakukan bimbingan seminggu sekali. Jangan datang setiap hari untuk bimbingan. Itu terlalu cepat untuk revisi dan memahami kembali isi skripsi. Setidaknya selama 2 atau 3 bulan-kalau bimbingan tiap minggu-berarti sudah 12 kali bimbingan. Cukup untuk bisa mengajukan persetujuan skripsi.

Kelima, jangan memaksa dosen untuk tanda tangan karena waktu mepet penutupan pendaftaran atau harus bayar UKT lagi. Skripsi adalah tanggung jawab mahasiswa. Dosen tentu melihat kualitas skripsi dan kemampuan mahasiswa sejauh apa. Dosen yang baik tidak asal tanda tangan, tetapi mau membaca dan mengarahkan. Dosen tidak suka dipaksa dan didesak dengan alasan yang tidak masuk akal.

Jadi, lebih kurang itulah lima tips ketika bimbingan skripsi dari pengalaman saya sebagai mahasiswa dan dosen. Semoga bermanfaat.