Mengenal Seni Budaya Daerah Kota Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Mengenal Seni Budaya Daerah Kota Bandung

Rabu, 25 Januari 2023 | 11:45 WIB Last Updated 2023-01-25T04:45:35Z


Oleh: Rukmana Saputra,
Pamong Budaya


NUBANDUNG.ID - Setiap bangsa memiliki budaya masing-masing yang bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Kota Bandung adalah sebuah kota besar yang sangat kaya akan sejarah dan seni budaya. 


Bandung juga termasuk Kota yang sangat erat dengan kesenian, musik, tari, fashion kreativitas, dan masih banyak lagi. 


Saudara-saudaraku yang saya hormati. Sebagai warga yang menyukai tanah kelahirannya serta sebagai warga Kota Bandung yang kita cintai ini. Sepatutnya kita harus bangga bisa melindungi apa yang sudah jadi warisan beberapa leluhur kita yakni kesenian dan kebudayaan. 


Sangatlah salah bila kita sebagai pribumi mencemooh dan tidak peduli dengan apa yang sudah leluhur kita wariskan pada kita. Serta sangat teramat aneh, tidak sedikit generasi saat ini jadi bangga dengan kebudayaan luar serta membiarkan kebudayaan kita hilang dicuri orang.


Kota Bandung memiliki seni budaya yang unik dan berbeda satu sama lain. Misalnya seni reak, seni benjang, tari jaipong, tari klasik, gamelan degung, kliningan, calung, reog, ulin barong, wayang golek, angklung, angklung buncis, pencak silat, maenpo, tembang sunda cianjuran, kawih, celempungan, seni pantun, musik kolaborasi dan masih banyak lagi.


Keragaman budaya tersebut menjadikan Kota Bandung sebagi Kota Yang unik dan menarik. Tak heran banyak orang asing yang datang ke Bandung untuk belajar Seni dan budaya. 


Hal Ini membuktikan bahwa budaya daerah tidaklah kalah kualitasnya dengan budaya yang datangnya dari Barat/Budaya Asing. Jadi, haruskah kita diam ketika orang asing  begitu antusias ingin mengenal budaya lokal yang ada di Kota Bandung, sementara kita sibuk mempelajari budaya barat dan melupakan budaya kita sendiri?


Budaya daerah akan terus hidup dan berkembang bila pemilik kebudayaan tersebut peduli dan sebaliknya Jika pemilik budayanya acuh tak acuh dan tak peduli, cepat atau lambat budaya daerah niscaya akan hilang dan punah. 


Oleh sebab itu, kita sebagai bagian dari komunitas budaya daerah semestinya mengenal dan mempelajari budaya warisan nenek moyang kita agar seni budaya tetap lestari.


Mengenal budaya daerah merupakan sarana untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap tanah air Indonesia. Dengan mengenal dan mempelajari budaya daerah, akan timbul rasa bangga dan rasa memilki terhadap budaya sendiri.


Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak kepada rekan-rekan semua, marilah kita kenali dan lestarikan budaya daerah yang menjadi milik kita bersama. Siapa lagi yang akan melestarikan budaya kita kalau bukan diri kita sendiri. 


"Mun teu ku urang rek kusaha, mun teu ayeuna rek iraha"


Wabilahi taufik walhidayah wassalamu`alaikum Wr.Wb.