Ingin Kuliah di UIN Bandung? Berikut 5 Jalur Pendaftarannya!

Notification

×

Iklan

Iklan

Ingin Kuliah di UIN Bandung? Berikut 5 Jalur Pendaftarannya!

Jumat, 17 Februari 2023 | 13:17 WIB Last Updated 2023-02-17T08:44:26Z



NUBANDUNG.ID-UIN (Universitas Islam Negeri) Sunan Gunung Djati Bandung. Bagi calon mahasiswa angkatan 2023, memasuki tahun ajaran semester ke-2, tentunya sudah semakin memikirkan, jurusan maupun kampus yang cocok untuk menempuh jenjang pendidikan selanjutnya.


Tentunya, bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Bandung, tidak usah bimbang karena Bandung sebagai ibu kota provinsi Jawa Barat, memiliki beragam perguruan tinggi, baik yang bentuknya swasta maupun negeri. Salah satunya adalah UIN Bandung.


Sejak berdiri pada 8 April 1968, perguruan tinggi islam tersebut bernama IAIN (Institut Islam Negeri) Sunan Gunung Djati Bandung. Kemudian pada 10 Oktober 2025 mengganti namanya menjadi UIN (Universitas Islam Negeri) Sunan Gunung Djati Bandung.


UIN Sunan Gunung Djati atau lebih terkenal dengan UIN Bandung ini, memiliki kampus dengan 3 lokasi yang berbeda, yaitu: Kampus 1 di Jalan AH Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung. Kampus 2 di Jl. Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage, Kota Bandung, dan Kampus 3 terletak di Jl. Cileunyi Kabupaten Bandung.


Sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang di bawah Kemenag (Kementrian Agama), UIN Bandung memiliki berbagai fakultas dan jurusan yang dapat kita tempuh melalui 5 jalur pendaftaran unggulan. Yuk, simak penjelasannya!


1. Jalur SNBP 


Sama halnya dengan PTN yang lain, UIN Bandung juga menerima calon mahasiswa melalui jalur SNBP. Jalur tersebut khusus untuk siswa berprestasi yang mendapatkan rekomendasi dari sekolah, sekolah yang berhak mengusulkan siapa saja siswa yang pantas untuk melakukan pendaftaran.


Pendaftaran dapat melalui https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id/ tanpa membayar uang pendaftaran. Lalu login akun siswa melalui https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/


2. Jalur SNBT 


Perbedaan SNBT dengan jalur yang pertama yaitu tidak membutuhkan rekomendasi sehingga mahasiswa yang berminat dapat melakukan pendaftaran melalui situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. 


Calon mahasiswa wajib melakukan pembuatan akun UTBK serta mengikuti ujiannya. Selain itu, Nilai UTBK akan dapat kita gunakan untuk tes jalur Mandiri meski SNBT tidak lulus.


3. Jalur SPAN-PTKIN 


Sebagai salah satu PTKIN, UIN Bandung  juga bergabung dalam seleksi prestasi akademik nasional oleh seluruh perguruan tinggi keagamaan Islam negeri, Sistem seleksi ini hampir mirip dengan pendaftaran SNBP.


Calon mahasiswa perlu mendapatkan rekomendasi dari sekolah, baru setelah itu siswa dapat melakukan pendaftaran melalui www.span-ptkin.ac.id.


Lalu login siswa melalui Span-ptkin.ac.id dengan ketentuan dan syarat yang wajib kita penuhi.


4. Jalur UM-PTKIN


Lainnya yaitu jalur masuk khusus tertulis PTKIN. Jalur ini hampir mirip dengan seleksi SNBT. Namun, pengikut seleksi ini hanya oleh seluruh PTKIN atau universitas negeri berbasis keagamaan Islam


Pendaftarannya cukup melalui situs www.um-ptkin.ac.id dan membayar beberapa biaya pendaftaran serta mengikuti pendaftaran sampai dengan selesai.


5. Jalur Ujian MANDIRI


Jalur yang terakhir yaitu ujian mandiri. Dalam hal ini, UIN Bandung menyediakan pilihan 3 seleksi, yaitu jalur umum, jalur tahfidz dan jalur prestasi. 


Secara umum, pengisian biodata untuk ketiga jalur tersebut adalah data pribadi, menginput  nilai rapor atau nilai pengetahuan serta portofolio. Namun khusus peserta Jalur Tahfidz biasanya ada ketentuan lain.


Akses link Ujian Mandiri atau Pra-Daftar UIN Sunan Gunung Djati Bandung dapat melalui link https://pmb-pradaftar.uinsgd.ac.id/Auth 


Demikian informasi singkat mengenai UIN Sunan Gunung Djati Bandung sekaligus 5 jalur pendaftarannya. Untuk selengkapnya dapat mengakses melalui situs resmi UIN Bandung. Semoga membantu.