Amal Baik, Kawan Sejati Pasca Kematian

Notification

×

Iklan

Iklan

Amal Baik, Kawan Sejati Pasca Kematian

Minggu, 02 April 2023 | 12:51 WIB Last Updated 2023-04-02T05:52:45Z


Oleh: Idat Mustari 
| Pemerhati Sosial, Penceramah dan Advokat


NUBANDUNG.ID - Ada seorang laki-laki yang ditinggal mati oleh istrinya. Ia pun menangis  saat melihat tubuh istrinya terbujur kaku. Air matanya terus mengalir hingga sampai ke tempat peristirahatan terakhir istrinya, selang beberapa bulan, laki-laki tersebut menikah lagi.


Ada juga orang yang tubuhnya nampak sehat, tiba-tiba meninggal dunia. Istri, anak-anak dan keluarganya menangis oleh musibah yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Tetapi tidak begitu lama, mereka seperti sudah melupakannya.


Ada juga satu keluarga yang mempunyai anak beranjak dewasa, sewaktu pulang dari aktivitasnya, sang anak itu merasa pusing. Anak itu dirawat di rumah sakit hingga akhirnya meninggal dunia. Semua keluarganya menangis menderita dengan kejadian itu. Namun selang beberapa lama, mereka seperti melupakannnya begitu saja.


Siapapun orang yang bertahta atau tidak, berharta atau tidak. Ketika meninggalkan dunia ini, tidak selang berapa lama akan dilupakan oleh orang-orang bahkan oleh keluarga terdekatnya sendiri.


Saat orang-orang melupakan, namun ada yang tidak akan melupakannya yakni teman sejati.


Teman sejati adalah amal kebaikan yang ditanam di dunia ini. Ia lah yang akan menemani kita di alam kesendirian.


Amal shaleh akan mewujud sebagai sosok yang rupawan, indah dan harum, dan kehadirannya akan membuat kita bahagia.


Sedangkan amal buruk ‎akan mewujud sebagai sosok yang menakutkan, motor dan bau, dan kehadirannya membuat kita ketakutan.


Begitu Alm KH. Jalaluddin Rakhmat, dalam  bukunya "The Road to Allah".


Wallahu’alam.