Amal Baik yang Bermanfaat

Notification

×

Iklan

Iklan

Amal Baik yang Bermanfaat

Rabu, 05 April 2023 | 12:26 WIB Last Updated 2023-04-05T05:26:43Z


Oleh: Idat Mustari 
| Pemerhati Sosial, Penceramah dan Advokat


NUBANDUNG.ID - Kebaikan yang diberikan kepada orang lain, selain memberi manfaat bagi orang lain, tetapi juga berbalas kebaikan. Begitupun keburukan yang dilakukan kepada orang lain, selain merugikan orang lain, tetapi juga berbalas keburukan.


Kalau saja semua manusia menyadari bahwa segala perbuatan akan kembali kepada dirinya sendiri, rasa-rasanya semua orang akan berhati-hati dalam bertindak. Namun sayang tidak semua menyadarinya.


Allah Swt berfirman: “Jika berbuat baik, (berarti) kamu telah berbuat baik untuk dirimu sendiri. Jika kamu berbuat jahat, (kerugian dari kejahatan) itu kembali kepada dirimu sendiri.” (QS.Al Isra Ayat 7). 


Atau dalam ayat lain: “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” (QS Al Zalzalah : 7-8)


Dalam kehidupan ini boleh jadi kebaikan yang dilakukan, orang lain melupakannya, maka biarkanlah sebab Allah Swt tidak pernah menyia-nyiakan orang yang berbuat kebaikan, "Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan" (QS. Hud Ayat 115).


Peristiwa kehidupan membuat aku mengiyakan pepatah cina,” Kebaikan yang dilakukan oleh dirimu, boleh jadi orang melupakannya, tetapi perbuatan burukmu pada orang lain, maka orang akan sulit melupakannya .”


Benar kata alm Mbah Moen, ”Jika engkau tidak bisa berbuat kebaikan sama sekali Maka Tahanlah tangan dan lisanmu dari menyakiti , setidaknya Itu menjadi sedekah untuk dirimu.” 


Dengan kata lain, jika tidak bisa membuat orang lain tersenyum, paling tidak jangan buat orang lain menangis. jika tidak bisa menyenangkan orang lain, paling tidak jangan bikin orang lain susah.


Wallahu’alam