10 Ciri Pribadi Berkarakter Welas Asih yang Empatik bagi Dunia

Notification

×

Iklan

Iklan

10 Ciri Pribadi Berkarakter Welas Asih yang Empatik bagi Dunia

Kamis, 27 Juli 2023 | 09:09 WIB Last Updated 2023-09-06T06:45:29Z


NUBANDUNG.ID
- Compassion atau welas asih artinya perasaan iba terhadap penderitaan orang lain dan keinginan untuk membantu meringankan masalah mereka.  Kata “compassion” sendiri bermakna “menderita bersama” dalam bahasa Latin. 


Sifat ini berhubungan dengan tipe emosi lain, seperti empati, simpati, dan altruisme—meski masing-masing punya konsep yang berbeda.


Empati merujuk pada kemampuan secara umum dalam memosisikan diri pada perspektif orang lain dan merasakan emosi mereka. Di sisi lain, belas kasih adalah perasaan empati bersamaan dengan keinginan untuk menolong.


Sifat ini terdiri dari dua macam, tergantung kepada siapa perasaan ini ditujukan. Welas asih kepada orang lain. Hal ini terjadi ketika kamu merasakan sakit yang diderita orang lain dan ingin bertindak supaya situasi mereka berubah menjadi lebih baik.


Belas kasih terhadap diri sendiri. Jenis ini melibatkan perasaan yang sama dengan berwelas asih kepada orang lain. Ketimbang menyalahkan diri sendiri atas kesalahan-kesalahan yang sudah berlalu, kamu merasa memahami, menyadari, dan menerima diri dan segala kekuranganmu.


Adapun berikut 10 ciri seorang manusia yang berpribadi Welas Asih, yakni sbb:


1. Tahu bahwa dirinya tidak sempurna


Seseorang yang berbelas kasih tahu ketidaksempurnaan dalam dirinya. Dia lebih mudah melihat kesalahan dalam diri sendiri ketimbang dalam diri orang lain.


2. Punya empati


Orang dengan sifat welas asih “memosisikan dirinya di atas sepatu orang lain”. Artinya, dia mencoba memahami perasaan orang lain sehingga mudah diajak berkomunikasi. 


3. Pendengar yang baik


Bukan sekadar mendengarkan, orang yang berbelas kasih juga menunjukkan empati. Jika kamu memiliki sifat ini, kamu berusaha untuk tidak mengabaikan keluh kesah orang lain.


4. Mampu menunjukkan emosi


Orang-orang yang memiliki sifat belas kasih akan menunjukkan emosi. Mereka tidak takut dihakimi karena menunjukkan emosi. Intinya, bagi seseorang yang berwelas asih, segala jenis emosi adalah hal yang normal.


5. Tidak mudah menghakimi orang lain


Orang-orang yang berwelas asih tahu semua orang pernah berbuat kesalahan sehingga tidak mudah menghakimi orang lain. Mereka akan berwelas asih kepada diri sendiri dahulu sebelum menerapkannya ke orang lain.


6. Memiliki senyum tulus


Seseorang yang berwelas asih tidak ingin melihat orang lain menderita. Alhasil, dia akan tersenyum tulus untuk meringankan beban orang lain.


7. Berusaha yang terbaik


Seseorang dengan sikap belas kasih akan berusaha melakukan yang terbaik, walau menghadapi rintangan dan halangan. Itu karena dia merasa masalah tidak akan terselesaikan apabila hanya diam saja.


8. Menghargai orang lain


Orang yang punya sifat belas kasih mampu menerima orang lain apa adanya. Dia tidak akan merasa insecure dengan hal-hal yang orang lain miliki.


9. Berani untuk jujur


Orang yang berbelas kasih tidak takut dihakimi atau dipertanyakan ketika hendak menyatakan kebenaran. Dia jujur terhadap diri sendiri maupun orang lain sehingga membuat siapa pun nyaman.


10. Baik hati


Terakhir, ciri-ciri dari seorang yang berwelas asih adalah kebaikan hatinya. Dia percaya bahwa kebaikan hati bisa mengubah dunia menjadi lebih baik. Dia juga tidak akan menyerah saat melihat orang lain kesulitan.***