4 Cara Merawat Diri untuk Kesehatan dalam Mendukung Kebahagiaan Welas Asih

Notification

×

Iklan

Iklan

4 Cara Merawat Diri untuk Kesehatan dalam Mendukung Kebahagiaan Welas Asih

Senin, 31 Juli 2023 | 11:55 WIB Last Updated 2023-09-06T06:45:29Z


NUBANDUNG.ID
- Kebahagiaan Welas Asih teripta saat kita meluangkan waktu untuk merenungkan pentingnya berpartisipasi aktif dalam perawatan kesehatan Anda sendiri. Karena itu, pelajari cara mempraktikkan perawatan diri dan buat perubahan yang bertahan lama hari ini.


Perawatan diri adalah istilah umum untuk berbagai aktivitas dan rutinitas yang dapat Anda lakukan, semuanya dengan tujuan mengurangi ketegangan fisik dan mental dalam berbagai bentuknya. 


Lebih dari sekadar alasan untuk keluar, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganggap perawatan diri cukup penting untuk didedikasikan selama sebulan penuh, yang berpuncak pada Hari Perawatan Diri Internasional pada hari Senin, 24 Juli. 


Memprioritaskan perawatan diri berarti mengambil peran aktif dalam kesehatan Anda sendiri, dan manfaatnya melampaui menghilangkan stres dan perbaikan suasana hati untuk pencegahan penyakit dan umur panjang. 


Dan sementara kita semua kadang-kadang mendapat manfaat dari menciptakan ruang untuk "tidak melakukan apa-apa", Anda akan menemukan bahwa beberapa cara paling efektif untuk mewujudkan perawatan diri cukup disengaja dan proaktif. 


Jadi lihatlah empat inspirasi ini untuk bersantai bulan ini, dan berpartisipasilah dalam gerakan kenikmatan sadar kesehatan di seluruh dunia.  


1. Habiskan waktu di luar rumah 


Kita hanya perlu melihat ke belakang beberapa waktu yang lalu—di sekitar puncak pandemi dan era isolasi sosial—untuk mengingat kerugian besar yang ditimbulkan oleh terlalu banyak waktu di dalam ruangan terhadap kesehatan fisik dan mental kita.  


Di sisi lain, terhubung kembali dengan alam adalah pengalaman mendalam yang menyentuh begitu banyak aspek berbeda dari kesehatan secara keseluruhan. Menurut Departemen Pertanian AS, hasil positif dari menghabiskan waktu di luar ruangan antara lain:


- Peningkatan kesehatan jantung 

- Ketegangan otot yang menenangkan 

- Pengurangan kadar kortisol (sering disebut "hormon stres") 

- Risiko depresi lebih rendah  

- Peningkatan ketahanan psikologis 

  

Waktu di luar ruangan bisa berarti apa saja, mulai dari mempelajari beberapa langkah baru atau berolahraga berat dengan komunitas di ruangan terbuka. 


2. Lakukan hobi yang penuh perhatian


Aktivitas apa pun yang menarik fokus Anda dari internal ke sesuatu yang eksternal bisa menjadi pengejaran perhatian yang sehat. 


3. Berkomitmen untuk membuat satu perubahan yang sehat 


Ikuti arus Hari Perawatan Diri Internasional menuju masa depan yang lebih cerah dan lebih positif dengan mengidentifikasi satu kebiasaan atau rutinitas yang dapat Anda tingkatkan. 


Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti memutuskan untuk meletakkan perangkat Anda satu jam sebelum tidur, atau Anda mungkin melihat beberapa latihan yang menyegarkan untuk dilakukan di pagi hari. 


4. Bersikaplah sengaja untuk bersosialisasi


Komunitas bukan hanya ide abstrak—ini adalah hubungan yang berpotensi mengubah hidup antara Anda dan sesama manusia yang dapat Anda ciptakan hanya dengan sedikit usaha. Jadi dalam semangat liburan, jagalah dirimu dengan cara merawat orang lain. 


Cobalah untuk berhubungan kembali dengan teman lama, anggota keluarga, mantan teman sekelas, atau rekan kerja yang baru saja Anda tinggalkan. Jangan terlalu memikirkannya: jangkau saja dan sapa!


Temukan acara pertama yang akan datang yang sesuai dengan jadwal Anda dan daftar untuk itu. Anda akan berada di jalur yang tepat untuk memicu pertemanan baru.


Dan seperti biasa, jika Anda tidak melihat komunitas yang cocok di daerah Anda, Anda dapat dengan mudah membuat grup Meetup Anda sendiri yang berpusat pada tema apa pun, dan mengundang orang lain untuk bergabung dengan Anda dalam aksi sosial saling menjaga diri. 


Cobalah aktivitas sosial dengan bergabung dalam grup untuk pertemanan dan menghadiri acara pertama yang sesuai dengan jadwal Anda. Jangan terlalu memikirkannya–cukup daftar dan pergi!***