Resep dan Cara Membuat Odading Khas Bandung. Dijamin Empuk dan Lezat!

Notification

×

Iklan

Iklan

Resep dan Cara Membuat Odading Khas Bandung. Dijamin Empuk dan Lezat!

Selasa, 18 Juli 2023 | 09:59 WIB Last Updated 2023-07-18T02:59:07Z


NUBANDUNG.ID
  - Odading yang lagi viral ini bisa dibuat di rumah dengan bahan yang sederhana dan cara yang tidak rumit. Odading sempat viral sejak video penjualnya bernama Mang Sholeh yang promosi dengan kata-kata kasar dan nyeleneh ditambah nada ngegas. 


Roti goreng khas Kota Bandung ini semakin ramai diperbincangkan setelah video review kuliner yang dibuat artis Instagram Ade Londok viral di media sosial. 


Odading sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Hal ini tertera dalam buku "9 dari 10 Kata Bahasa Indonesia adalah Asing" (2003) karya Alif Danya Munsyi yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia. 


Dahulu ada kue goreng tak bernama yang terbuat dari adonan terigu campur gula. Suatu ketika seorang anak kecil Belanda merengek kepada ibunya minta dibelikan kue tak bernama itu. 


Rengekan sang anak membuat ibunya penasaran dengan bentuk kudapan itu. Kemudian ia panggil seorang ujang penjual kue. Orang Belanda itu menyuruh si penjual kue keliling untuk membuka daun pisang penutup kue di nyiru.   


Begitu melihat roti goreng itu, sang ibu berkata dengan heran, "O, dat ding?" yang artinya "O, benda itu?". 


Terdengar lucu dan unik, si penjual kue akhirnya menceritakan kepada ibu dan orang-orang di kampungnya. Ia mengatakan bahwa kue tak bernama itu disebut odading.


Pastry cook The Jayakarta Suite Bandung Lucky Nugraha membagikan resep odading. Chef asli Sunda itu memaparkan bahwa kamu hanya butuh bahan utama berupa tepung terigu, telur, gula, dan ragi instan untuk membuat odading yang tengah viral. 


Bahan: 


- 250 gram tepung terigu protein tinggi 

- 1 buah telur 60 gram 

- gula pasir 1 sendok teh 

- garam 1 sendok makan 

- ragi instan 60 gram 

- susu full cream 

- 100-200 ml air 


Cara membuat odading ialah sebagai berikut:


Pertama, larutkan ragi instan ke dalam air hangat. Biarkan sampai berbuih. Langkah selanjutnya, campurkan semua adoan kering, lalu sisihkan. 


Kemudian kocok telur dan gula sampai gula larut. Masukkan ke dalam adonan kering dan campur rata. Tambahkan larutan air, ragi instan, serta full cream. Aduk sampai kalis. 


Istirahatkan adonan dan tutup dengan kain lembap atau plastik selama 20 menit. Setelah itu, potong adonan dan goreng dengan api sedang. Goreng sampai coklat keemasan. Setelah itu sajikan selagi hangat.***