Tutorial Mudah Cara Gampang Memakai Dasi yang Benar

Notification

×

Iklan

Iklan

Tutorial Mudah Cara Gampang Memakai Dasi yang Benar

Senin, 17 Juli 2023 | 15:47 WIB Last Updated 2023-07-17T08:47:59Z


NUBANDUNG.ID
- Dasi merupakan aksesoris yang sering digunakan dalam berbusana baik pria maupun wanita. Dasi juga tak hanya digunakan pada busana acara formal.


Beberapa sekolah juga mengenakan seragam lengkap dengan dasinya. Dilansir dari realmenstyle.com, ada 4 tipe dasi yang biasanya digunakan orang-orang ketika ke acara formal:


1. Four in Hand


Dari semua jenis ikatan dasi, Four in Hand merupakan salah satu yang paling populer karena paling mudah dipelajari dan cocok dipadankan dengan berbagai jenis kerah kemeja.


Ikatan dasi ini diperkenalkan oleh pasukan berkuda Inggris yang membutuhkan metode mengikat scarf dengan satu tangan. Ikatan dasi ini cocok untuk Anda yang tinggi karena hanya membutuhkan setengah dari panjang dasi untuk mengikatnya.


2. Half Windsor


Jika Anda masih pemula dalam soal mengikat dasi, half windsor adalah pilihat yang tepat untuk Anda pelajari. Dasi ini memiliki fitur ikatan yang tebal dan sangat populer digunakan dalam dunia bisnis.


Sama seperti four in hand, half Windsor hanya membutuhkan setengah panjang dasi sehingga cocok digunakan oleh Anda yang berbadan tinggi atau besar.


3. Full Windsor


Full Windsor adalah varian dari Half Windsor. Ikatan dasi ini sedikit lebih sulit dari Half Windsor namun hasilnya membuat penampilan Anda lebih terlihat rapi.


4. Bow Tie


Ikatan Bow Tie atau Dasi Kupu-Kupu adalah ikatan dasi yang paling formal yang Anda bisa gunakan dalam acara formal. Cara mengikatnya pun tidak terlalu sulit, dan sebaiknya Anda menghindari dasi versi clip on yang instan, karena hasilnya akan lebih bagus.


Berikut tutorial cara mudah menggunakan dasi yang simple.


Naikkan kerah sementara. Kemudian Letakkan dasi dileher, lingkarkan mengelilingi leher. Letakkan dan atur panjang dasi kanan dan kiri berbeda.


Bagian sebelah kanan lebih panjang, sementara yang kiri di sebelah kiri, biasanya ukuran ujung dasi yang pendek 30 cm lebih tinggi dari sisi kiri, atau setengah dari ujung yang panjang.


Pindahkan ujung lebar dasi ke sisi satunya, silangkan ujung yang lebih panjang dasi ke sisi kiri, melewati ujung dasi yang lebih pendek. Pegang kedua sisi dasi dengan tangan kiri di dekat leher.


Tarik ujung panjang dasi ke belakang ujung yang lain. Lepas tangan kanan Anda, kemudian selipkan ujung panjang dasi ke ujung lainnya.


Ambil ujung yang panjang tarik kembali ke sisi kanan. Putar ujung dasi yang lebih panjang, setelah ini ujung panjang dasi mengarah ke kiri sebelah kiri badan.


Pindahkan ujung dasi yang panjang ke ujung satunya sekali lagi. Tarik ujung dasi yang lebih panjang di bawah ikatan mengelilingi leher.


Tarik ujung dasi yang lebih panjang ke bawah, "melalui" ikatan di bagian depan dasi. Kencangkan ikatan dengan menariknya ke arah ujung dasi yang lebih pendek. Pastikan bahwa dasi lurus dan panjangnya sesuai dengan keinginan. ***