Studio Rosid, Studio Wisata Memorial di Kota Bandung. Kamu Kudu Datang, Lho!

Notification

×

Iklan

Iklan

Studio Rosid, Studio Wisata Memorial di Kota Bandung. Kamu Kudu Datang, Lho!

Selasa, 15 Agustus 2023 | 09:00 WIB Last Updated 2023-08-15T02:02:05Z


NUBANDUNG.ID
-- Dalam genggaman tangan seniman lukis bernama Rosid, sebuah pensil bisa menghasilkan karya yang begitu indah. Goresan pensil di setiap karyanya memang menjadi identitas/ciri khas dari Bapak Rosid.

Seniman yang berasal dari keluarga petani ini memutuskan untuk menekuni dunia seni rupa sejak beliau tamat SMA, tepatnya pada tahun 1989. Tidak memiliki latar belakang pendidikan seni lukis secara formal, Bapak Rosid mampu memamerkan hasil karyanya sampai ke mancangera seperti Singapura, Filipina, Korea Selatan dan Hongkong.

Bentuk kerja keras Bapak Rosid sebagai seniman terwujud dalam sebuah studio yang beliau namai “Studio Rosid”. Studio ini sangatlah menarik. Bukan sekedar studio untuk memamerkan hasil karyanya, Studio Rosid memang dibangun dan didesain khusus sebagai memori kehidupan masa lalu Bapak Rosid di desa.

Tak heran jika kesan pertama saat masuk ke Studio Rosid adalah suasana pedesaannya yang begitu kuat. Hal tersebut terlihat jelas dengan hadirnya artefak berupa alat-alat pertanian dan perlengkapan rumah tangga tradisional yang dipajang di area studio.

Studio ini memiliki beberapa area, area pertama yaitu Studio yang terdiri dari dua lantai. Lantai satu studio menghadirkan beberapa lukisan Bapak Rosid pada media kayu.

Sedangkan di lantai dua lebih banyak menghadirkan lukisan pada media kanvas. Bahkan ada juga lukisan yang dibuat oleh beliau pada sebuah batu.

Area kedua adalah sebuah Galeri. Sama seperti area studio, Galeri ini juga terdiri dari dua lantai. Kedua lantainya dipenuhi lukisan pada media kanvas. Namun beberapa diantaranya adalah lukisan Bapak Rosid yang dibuat menggunakan cat acrylic.

Studio Rosid juga memiliki sebuah Perpustakaan. Perpustakaan tersebut merupakan ruangan kecil yang menghadirkan koleksi buku mengenai dunia seni rupa.

Ingin bersantai dengan keluarga atau teman sambil menikmati secangkir kopi? Studio ini memiliki sebuah Cafe dan Coffee Shop yang dibuka hari Selasa sampai Minggu pada pukul 15.00-23.00.

Jika ingin menginap, ada Guest House yang bisa ditempati dengan tarif sewa Rp 500.000/hari. Guest House ini sama menariknya dengan area studio, karena nuansa ruangannya bertemakan vintage tahun 70-80an. Bagi yang suka selfie/berfoto, ada beberapa tempat di Studio Rosid yang cocok untuk dijadikan spot foto.

Studio Rosid tidak memiliki jadwal kegiatan/pagelaran seni yang diselenggarakan secara rutin. Namun studio ini sempat dijadikan tempat untuk pertunjukan teater maupun workshop.

Apabila ingin mengadakan sebuah acara di Studio Rosid, langsung saja datang ke studio dan menemui Bapak Rosid. Akses menuju Studio Rosid sangatlah mudah. Jika berangkat dari Alun-Alun Kota Bandung menggunakan kendaraan pribadi (mobil), bisa ditempuh sekitar 30 menit.

Selain itu, transportasi online juga bisa menjadi alternatif lain untuk berkunjung ke Studio Rosid.*** (Nadia Maulidina)