Biografi Gibran Rakabuming Raka: Pengusaha yang Memimpin Wong Cilik Solo!

Notification

×

Iklan

Iklan

Biografi Gibran Rakabuming Raka: Pengusaha yang Memimpin Wong Cilik Solo!

Rabu, 13 September 2023 | 10:40 WIB Last Updated 2023-09-13T11:08:40Z

 



NUBANDUNG.ID - Mas Gibran Rakabuming Raka lahir di Solo 1 Oktober 1987. Putra pertama dari Bapak Ibu Jokowi dan Ibu Iriana. Anak pertama dari tiga bersaudara ini menetap di Solo, saat mengenyam pendidikan tingkat SMP mas Gibran pindah ke Singapura. 


Pada tahun 2007 mas Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore dan melanjutan pendidikan ke University of Tecnology Sydney Insearch, Sydney Autralia dan lulus pada 2010.


Sebelum masuk ke dunia politik, mas Gibran sukses meniti usaha dengan melahirkan sejumlah brand makanan dan minuman berbasis UMKM. Mas Gibran menikah dengan Mba Selvi Ananda pada 11 Juni 2015 dan kini dikarunia satu orang putra bernama Srinarendra Jan Ethes dan La Lembah Manah. 


Mas Gibran mulai menjabat sebagai Wali Kota Solo pada 21 Januari 2021. Keputusan terjun ke dunia politik didasari dengan keinginan mas Gibran untuk memperjuangkan nasib wong cilik.

 

Capaian Prestasi


Dua tahun lebih menjabat sebagai Wali Kota Mas Gibran telah menorehkan sejumlah keberhasilan. Pada bulan Maret 2023 lalu  mas Gibran menyatakan Pertumbuhan ekonomi Solo mencapai 6,2 persen di atas Semarang Raya, Jateng, dan nasional.


Angka ini juga menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari Kota Solo sebelum kena COVID-19. Tahun 2022 benar-benar menjadi momen pembuktian mas Gibran  dalam mengelola dan membangun Solo. Angka kemiskinan juga turun. Tercatat 2.850 jiwa keluar dari jerat kemiskinan.


Mas Gibran juga berhasil membuat Solo menjadi destinasi wisata favorit masyarakat saat libur Lebaran unggul melampaui Yogyakarta. 


Di tangan Mas Gibran sejumlah destinasi wisata di  Solo menjadi magnet pengunjung. Misalnya Solo Safari yang sebelumnya bernama Taman Satwa Taru Jurug Surakarta. Setelah  direvitalisasi menjadi Solo Safari jumlah pengunjungnya terus meningkat.


Saat ini 17 titik lokasi prioritas pembangunan telah ditetapkan oleh mas Gibran. Melalui 17 titik ini diharapkan bisa mewujudkan Solo maju menjadi kota unggul.


Mas Gibran menyiapkan Solo tidak hanya tumbuh dalam pembangunan infrastrukturnya saja, tetapi juga menyiapkan ruang untuk warganya berkembang dalam ekonomi serta bisa hidup nyaman di kota Solo.***