FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop Strategi dan Evaluasi Hasil Capaian IKU PTN

Notification

×

Iklan

Iklan

FAI Universitas Siliwangi Gelar Workshop Strategi dan Evaluasi Hasil Capaian IKU PTN

Selasa, 03 Oktober 2023 | 12:25 WIB Last Updated 2023-10-03T05:47:02Z


NUBANDUNG.ID
-- Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan salah satu entitas penting dalam sistem pendidikan tinggi di Indonesia sekaligus memiliki peran strategis dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, melakukan penelitian dan pengembangan, serta memberikan kontribusi kepada masyarakat dan pembangunan nasional. 


Untuk memastikan PTN dapat mencapai tujuan-tujuan ini, perlu dilakukan upaya yang terstruktur, efektif, dan efisien dalam mengukur dan meningkatkan kinerja mereka.


Indikator Kinerja Utama (IKU) adalah instrumen yang digunakan untuk mengukur prestasi dan pencapaian PTN dalam berbagai aspek, seperti pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan manajemen institusi. 


IKU menjadi landasan penting dalam menilai kualitas dan efektivitas PTN. Oleh karena itu, penting bagi PTN untuk secara berkala melakukan evaluasi terhadap capaian IKU mereka, begitu pula dengan Universitas Siliwangi selaku PTN di Priangan Timur.


Menjawab urgensi tersebut, workshop strategi dan evaluasi hasil capaian IKU PTN diadakan di lingkungan Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi pada Rabu (20/09/2023). 


Dr. Asep Suryanto, S.Ag., M.Ag. selaku Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dapat membantu dalam mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan dalam proses pembelajaran dan pengajaran, sekaligus merancang strategi untuk meningkatkan produktivitas penelitian, termasuk publikasi dan kolaborasi internasional.


Workshop tersebut diadakan selama tiga hari dengan menghadirkan dua narasumber, yang pertama ialah Cupian, S.E., M.T., Ph.D selaku Ketua Program Studi Ekonomi Islam Universitas Padjajaran yang hadir secara langsung di hari pertama. Beliau membahas tentang strategi pencapaian IKU Program Studi Ekonomi Syariah. 


Narasumber di hari kedua ialah Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr.,Sp.M(K).,M.Kes.,Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjajaran yang hadir di hari kedua, membahas tentang Strategi Pencapaian IKU PTN. Beliau hadir secara daring di hari kedua pada Kamis (21/09/2023).


Acara workshop di hari ketiga ditutup dengan pamaparan perjanjian kerja Dekan Fakultas Agama Islam oleh Dr. Asep Suryanto, S.Ag., M.Ag., dilanjut dengan strategi pencapaian Indikator Kinerja Utama di Program Studi Ekonomi Syariah oleh Ketua Prodi Dr. Lina Marlina, S.Ag., M.Ag., dan acara terakhir yaitu pengisian laporan kinerja triwulan III dan pemaparan Hasil Bimtek Operator IKU Fakultas Agama Islam.


Sebagai penutup, Biki Zulfikri Rahmat, S.Sos.I., M.E.Sy. selaku ketua pelaksana kegiatan workshop menyampaikan, “Acara workshop strategi dan evaluasi hasil capaian IKU PTN ini bertujuan agar Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi dapat terus memperbaiki diri, meningkatkan kualitas, dan memberikan kontribusi yang lebih besar kepada masyarakat dan negara." ujarnya. 


"Workshop ini juga merupakan wadah bagi Fakultas Agama Islam untuk berbagi pengalaman dan terlibat dalam kolaborasi yang akan menguntungkan pengembangan lembaga pendidikan tinggi.” pungkasnya.***