Resep dan Cara Membuat Kue Putri Noong Khas Sunda, Nikmat Bareng Teh Hangat!

Notification

×

Iklan

Iklan

Resep dan Cara Membuat Kue Putri Noong Khas Sunda, Nikmat Bareng Teh Hangat!

Sabtu, 11 November 2023 | 16:17 WIB Last Updated 2023-11-11T09:35:15Z


NUBANDUNG.ID
-- Wargi, ada yang tau ngga nih kenapa kue tradisional yang satu ini dinamakan Putri Noong?


Dalam Bahasa Sunda, Putri Noong memiliki arti “putri yang mengintip”. Nama tersebut diambil dari bentuk kuenya yang bulat dan di bagian tengahnya terdapat pisang yang terlihat seperti mata putri, seolah-olah sedang mengintip (noong). 


Sedangkan kata putri mewakili cantiknya warna-warni kue ini. Putri Noong biasanya memiliki warna yang menarik, seperti hijau, merah muda, bahkan kombinasi kedua warna tersebut dalam satu kue.


Putri Noong terbuat dari pisang yang dibalut parutan singkong dan ditaburi kelapa parut. Kue tradisional ini memiliki cita rasa yang manis dan tekstur yang agak kenyal serta lembut.


Kue Putri Noong ini sangat cocok disajikan dengan teh hangat atau dijadikan kudapan atau suguhan untuk tamu. 


Cara Membuat Kue putri noong khas Sunda: Parut singkong bila singkong terlalu banyak air peras lalu buang airnya. Campur semua bahan kecuali pewarna dan pisang, aduk hingga tercampur rata.


Bagi adonan menjadi 3 bagian sama rata. Lalu masing-masing diberi pewarna.


Siapkan daun pisang yg sudah direbus sebentar agar mudah saat membungkus. Ambil adonan berwarna berdampingan sambil diratakan dengan garpu, letakkan pisang diatasnya. Lalu bungkus seperti membungkus lontong. Kukus selama ±30 menit. Dinginkan.


Campur semua bahan taburan, kukus selama ±10 menit. Setelah kue dingin potong-potong lalu gulingkan ke dalam bahan taburan hingga rata. Siap dinikmati bersama teh hangat.***