5 Destinasi Wisata Bandung Timur Ini Cocok Buat Liburan

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Destinasi Wisata Bandung Timur Ini Cocok Buat Liburan

Minggu, 07 Januari 2024 | 07:30 WIB Last Updated 2024-01-08T06:33:27Z

 




NUBANDUNG.ID -- Penasaran gak sih tempat healing yang seru di sekitar UIN Bandung? Kali ini mimin mau kasih rekomendasi destinasi wisata di kawasan Bandung Timur. Mulai dari tempat rekreasi sampai wisata religi, cocok banget buat jalan-jalan sambil recharge iman.


Berikut 5 destinasi wisata yang recommended di Bandung Timur



1. Wisata Batu Kuda

Siapa nih yang lagi pusing sama tugas-tugas kuliah? Yuk, mimin mau ajak kalian ke Wisata Batu Kuda! Wisata hutan pinus yang sering dijadikan area perkemahan ini terletak di kaki gunung Manglayang. Tepatnya di Kp. Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi, Kabupaten Bandung.


Di tengah kemacetan Bunderan Cibiru dan polusi kendaraan yang menyebalkan, Wisata Batu Kuda sangat pas untuk melepas penat dengan udaranya yang segar karena berada di ketinggian antara 1150 sampai dengan 1300 mdpl. Dengan mengeluarkan 15 ribu untuk biaya tiket dan parkir, kalian bisa bertamasya ria seperti camping, piknik, dan foto-foto.



2. Curug Cilengkrang

Lagi gerah-gerahnya di musim kemarau panjang gini, pasti yang kepikiran adalah menghabiskan waktu seharian di air. Di destinasi kedua ini, mimin mau ajak kalian ke wisata Curug Cilengkrang yang letaknya hanya berjarak 7 km dari Kampus 1 UIN Bandung. Tepatnya di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kota Bandung.


Meskipun bukan air terjun yang besar, Curug Cilengkrang ini cukup untuk menyegarkan tubuh dan menghirup sejuknya udara pegunungan. Dengan biaya masuk hanya 10 ribu, kalian bisa berenang sepuasnya di kawasan air terjun, atau memburu spot foto untuk unggahan di Instagram.



3. Masjid Raya Al-Jabbar

Masjid Terapung ini terletak di Jl. Cimincrang No. 14, Cimincrang, Kec. Gedebage, Kota Bandung. Dirancang oleh Ridwan Kamil, sang arsitektur sekaligus Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, Masjid Raya Al-Jabbar dibangun sejak 2017 dan rampung pada akhir tahun 2022.


Masjid ini juga berdekatan dengan Kampus 2 UIN Bandung, lho! Selain bisa menikmati fasilitasnya yang lengkap nan megah, #UINSGDFighters juga bisa mengunjungi Galeri Rasulullah yang berada di area basement Masjid Raya Al-Jabbar. Untuk mengunjungi Galeri Rasulullah, kalian harus terlebih dulu memesan tiket secara gratis melalui aplikasi Sapawarga.



4. Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci

Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci merupakan salah satu prospek ekonomi kreatif Kota Bandung pada bidang Pariwisata. Berada pada ketinggian 800 mdpl, kalian bisa menikmati panorama Kota Bandung dan Gunung Manglayang dengan suasana sejuk dan menyegarkan.


Selain menyuguhkan pemandangan indah, wisatawan juga diperkenalkan budaya tradisional Sunda. Di antaranya adalah pertunjukan permainan tradisional Reak yang ditampilkan oleh anak-anak Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Cocok banget kan buat mahasiswa zaman now yang suka jalan-jalan tapi tetap berwawasan.



5. Curug Batu Templek Cisanggarung

Rekomendasi terakhir ini, mimin bakal ajak lagi kalian ke destinasi yang paling dibutuhkan saat musim kemarau. Lagi-lagi curug. Terletak di Kp. Sentakdulang Cikored, Mekarmanik, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, air terjun ini bernama Curug Batu Templek Cisanggarung.


Kalian hanya cukup mengeluarkan uang 15 ribu saja untuk menikmati keindahan dan kesegaran Curug Batu Templek Cisanggarung. Selain berenang, kalian juga dapat mengunjungi dan memanjat tebing setinggi 54 m yang lokasinya tidak jauh dari kawasan air terjun. Juga tentunya, destinasi ini juga menyediakan spot foto yang instagrammable.


Gimana?? Tertarik kan?? Mau healing ke mana dulu nih? (Anisa Hanifah)