Inilah Kampung Kreatif Kaulinan Pasir Kunci, Destinasi Wisata Unik di Bandung Timur

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah Kampung Kreatif Kaulinan Pasir Kunci, Destinasi Wisata Unik di Bandung Timur

Rabu, 17 Januari 2024 | 15:18 WIB Last Updated 2024-01-19T08:20:12Z


NUBANDUNG.ID -- Mencari tempat wisata yang kreatif dengan balutan budaya Sunda? Wisata Kampung Kreatif Kaulinan Pasir Kunci bisa menjadi jawaban yang tepat.


Destinasi wisata ini berada di kaki gunung Manglayang, tepatnya berada di Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung.


Tempat wisata ini diresmikan pada tahun 2018 dan terdapat kegiatan seni Sunda. Di antaranya kaulinan barudak dan beragam acara seni tradisional yang bisa disaksikan dan diikuti oleh para wisatawan.


Tujuan tempat wisata ini salah satunya memang sebagai langkah pelestarian budaya Sunda yang semakin kurang diminati di kalangan generasi muda. Termasuk pengembangan perekonomian lokal dan masyarakat di kawasan tersebut.


Salah satu petugas di kaulinan pasir kunci Ade Iwan (42) mengungkapkan, pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas. Termasuk juga makan bersama atau botram dengan kerabat atau keluarga tercinta.


“Kebanyakan pengunjung yang datang biasanya foto-foto. Kadang juga botram di sini,” ujar ade iwan dikutip dari laman Kota Bandung, Rabu (17/1/2024).


Sekedar informasi, kawasan ini disebut Pasir Kunci karena banyak ditemui dan ditanami pohon kunci atau kunyit.


Di Wisata Kampung Kreatif Kaulinan Pasir Kunci terdapat Bale puhun untuk ruang pertemuan, musola, toilet dan tempat parkir yang sangat luas bagi pengendara Mobil dan Motor


Bagi wisatawan dan wargi bandung yang ingin mengunjunginya bisa datang ke Jalan Pasir Kunci, Kelurahan Pasir Jati Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung.