Napak Tilas Kelas Menulis UIN Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Napak Tilas Kelas Menulis UIN Bandung

Senin, 22 Januari 2024 | 22:23 WIB Last Updated 2024-01-22T15:23:03Z

 

Wahyudin Darmalaksana, Pendiri Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung




NUBANDUNG.ID -- Kelanjutan Kelas Menulis sangat bergantung kebijakan pendidikan tinggi. Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung periode 2023-2027 dalam beberapa kesempatan menghendaki keluaran tugas akhir yang mengarah pada produk. Arah kebijakan ini harus menjadi landasan Kelas Menulis yang saat ini tengah menyiapkan agenda Proyek Penulisan Akademik Kontinum (PPAK).

 

Tulisan ini tidak membicarakan agenda PPAK, tetapi bermaksud mengulas sejarah Kelas Menulis sebagai perenungan ke belakang bagi persiapan agenda tindak lanjut di masa depan. Secara formal, Kelas Menulis didirikan di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung tanggal 29 Mei 2020 melalui kebijakan Dekan periode 2019-2023. Pendirian Kelas Menulis ini berkaitan erat dengan Sekolah Menulis pada level UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

 
Sekolah Menulis
Istilah “Sekolah Menulis” mulai disebut-sebut Tahun 2016. Istilah ini digulirkan oleh para sivitas pegiat publikasi ilmiah. Sivitas ini kerap menopang agenda-agenda strategis Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, khususnya di periode 2015-2019.

 
Meskipun lebih menekankan aspek kultural, namun Sekolah Menulis menyusun semacam struktur, yaitu Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. (Penanggungjawab), Prof. Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag. (Kepala Sekolah), Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T. (Wali Kelas Bidang Sains dan Teknologi), Prof. Dr. H. Mohamad Anton Athoillah, M.M. (Wali Kelas Bidang Keagamaan Islam), dan Prof. Dr. H. Sulasman, M.Hum. (Wali Kelas Bidang Sosial-Humaniora). Ditunjuk pula para Ketua Kelas yang notabene dipegang oleh sivitas pegiat publikasi ilmiah.

 
Sejak Tahun 2015, Puslitpen LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengusung agenda startegis berupa keluaran penelitian dosen dalam bentuk artikel yang dipublikasikan di jurnal ilmiah. Agenda ini diusung dalam rangka menopang kenaikan pangkat dosen yang mensyaratkan publikasi artikel di jurnal ilmiah. Tahun 2016 tumbuh gairah di kalangan sivitas untuk mengungkit dan sekaligus melakukan akselerasi publikasi ilmiah dengan sasaran penerbitan di jurnal index Scopus yang menjadi syarat utama pengusulan jabatan guru besar.

 
Di tahap-tahap awal Tahun 2016, Puslitpen LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung mendapat masukan untuk membidik kegiatan-kegiatan konferensi bagi kebutuhan publikasi ilmiah dengan sasaran index Scopus berdasarkan pengalaman sejumlah dosen. Sekolah Menulis digunakan oleh sivitas dosen dalam memproduksi artikel hasil penelitian melalui budaya saling berbagi pengetahuan sistematis (praktis) seputar sistematika, teknik pengutipan, templating, dan lain-lain. Di Sekolah Menulis berlangsung coaching clinic artikel dengan tujuan memenuhi standar konferensi dan memiliki kelayakan bagi publikasi ilmiah di jurnal bereputasi index Scopus.

 
Dinamika dan Prestasi
Kultur publikasi ilmiah tumbuh di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hingga puncaknya pada Tahun 2018, universitas ini meraih anugerah Sinta Award 2018. Sinta (Science and Technology Index) adalah portal pengukuran kinerja riset dan publikasi ilmiah pendidikan tinggi milik Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), sekarang kembali bernama Kemendikbud. UIN Sunan Gunung Djati Bandung meraih penghargaan sebagai Peguruan Tinggi Keagamaan Islam paling produktif publikasi ilmiah. Selain itu, anugerah Sinta Award juga diraih oleh Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T. sebagai penulis artikel ilmiah dengan Sinta score tertinggi kategori perguruan tinggi keagamaan, saat ini beliau menjabat sebagai Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia. Malam anugerah Sinta Award 2018 bertempat di Auditorium Gedung D Kemenristekdikti Jakarta, Rabu, 04/07/2018.

 
Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah disiapkan sejak akhir tahun 2019. Di masa awal periode Dekan Tahun 2019-2023. Ide pembentukkan Kelas Menulis dimaksudkan untuk peningkatan publikasi ilmiah hingga di kalangan mahasiswa. Saat itu, muncul pula gagasan tentang opsi tugas akhir dalam bentuk artikel ilmiah sebagai pengganti skripsi untuk syarat meraih gelar sarjana.
 

Seiring dengan munculnya virus Covid-19 di awal Tahun 2020, terbit Surat Edaran Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia tanggal 11 April 2020 tekait TA-DBL (Tugas Akhir dalam Bentuk Lain) salah satunya berupa artikel ilmiah. Edaran ini segara diteruskan melalui Surat Edaran Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tanggal 29 Mei 2020 berdirilah secara formal Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
 

Kelas Menulis ini berperan sebagai pusat bantuan bagi mahasiswa untuk peningkatan kapasitas keterampilan penulisan artikel ilmiah. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan sidang Munaqasyah artikel ilmiah untuk yang pertama kalinya tanggal 28 Oktober 2020. Hal ini nanti diperkuat lagi oleh Surat Keputusan Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung tanggal 29 November 2022 tentang kebolehan artikel jurnal ilmiah sebagai syarat meraih gelar sarjana. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung juga menerbitkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui Kelas Menulis tanggal 26 Desember 2022. Adapun panduan MBKM melalui Kelas Menulis terbit tanggal 10 Januari 2023. Tugas akhir tidak selalu harus skripsi ditegaskan lagi melalui kebijakan Mas Menteri Nadiem Makarim dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
 
 

 
Kelas Menulis mencatat sampai 16 Desember 2023 capaian publikasi ilmiah mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebanyak 1137 artikel. Sedangkan capaian sidang Munaqasyah artikel ilmiah sebanyak 205 sarjana sampai akhir Tahun 2023. 


Selebihnya, jejak Kelas Menulis dapat disimak dalam buku “Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Lintas PTKIse-Indonesia.” Di samping mencatat sejarah, buku ISBN ini juga menyinggung rencana agenda PPAK di masa depan dalam upaya mendukung kebijakan Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung periode 2023-2027. Buku setebal 200 halaman ini diterbitkan oleh Sentra Publikasi Ilmiah di awal Tahun 2024.