Tips Agar Menggoreng Ikan, Minyaknya Tidak Meletup

Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Agar Menggoreng Ikan, Minyaknya Tidak Meletup

Selasa, 16 Maret 2021 | 20:29 WIB Last Updated 2022-09-09T01:42:57Z


Cara menggoreng ikan gampang-gampang susah. Pasalnya, saat menggoreng minyak akan meletup-letup dan mengenai tangan. Kandungan air pada ikan merupakan salah satu penyebab minyak meletup-meletup. 


Biasanya selain letupan, ikan juga menjadi lengket dan susah dibalik.  Oleh sebab itu, sebagian orang enggan menggoreng ikan. Namun tidak perlu khawatir, karena kini ada cara untuk meminimalisir letupan minyak saat menggoreng. 


Berikut uraiannya. 


1. Pastikan wajan benar-benar kering  


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa air bisa membuat minyak meletup-letup. Oleh karenanya, disarankan untuk mengeringkan wajan terlebih dulu supaya digunakan untuk menggoreng.


Kamu dapat memanaskan wajan dengan api kecil lalu lap menggunakan tisu dapur. Pastikan wajan sudah benar-benar bersih dan kering sebelum diberi minyak.  


2. Gunakan wajan cekung  


Ikan sebaiknya digoreng menggunakan wajan cekung berukuran agak besar. Walau secara khusus tidak mengurangi letupan, setidaknya cara ini bisa melindungi tangan dari cipratan minyak. 


Jika perlu, tambahkan pula pelindung atau penutup di sekitar wajan agar minyak tidak mengenai tangan dan mengotori ruangan, seperti dilansir dari Life Hacker. 


3. Goreng di minyak panas 


Suhu minyak juga dapat memengaruhi letupan saat menggoreng ikan. Melansir dari BHG.com, ikan sebaiknya digoreng menggunakan minyak sayur yang bersuhu kurang lebih 180 derajat celcius. Untuk waktu menggorengnya sekitar lima sampai delapan menit saja. Jangan terlalu lama agar ikan tidak gosong.


4. Tepuk-tepuk ikan sebelum digoreng 


Ikan harus dikeringkan terlebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam minyak panas. Kamu dapat mengeringkannya dengan cara ditepuk-tepuk. Ikan yang benar-benar kering akan memercikan sedikit minyak daripada ikan basah. Cara ini juga dapat membuat kulit ikan tidak mengelupas saat dibalik.  


5. Taburi minyak dengan tepung terigu


Tepung terigu dapat menyerap kandungan air pada ikan, sehingga tidak akan membuat minyak meletup. Cara penggunaannya cukup mudah. Taburi minyak dengan beberapa jumput tepung terigu, aduk-aduk, lalu goreng ikan seperti biasa. Selain tepung terigu kamu juga dapat menggunakan garam untuk mencegah letupan. Namun jangan gunakan terlalu banyak supaya rasanya tidak asin. 


Sumber: kompas.com