Muhammad Abduh, Cendekia Pembaharu Islam

Notification

×

Iklan

Iklan

Muhammad Abduh, Cendekia Pembaharu Islam

Rabu, 05 Mei 2021 | 19:01 WIB Last Updated 2022-09-12T03:53:12Z

Muhammad Abduh lahir pada tahun 1849 dalam sebuah keluarga petani di Mesir Hilir. Ia adalah seorang pemikir muslim dari Mesir, dan salah satu penggagas gerakan modernisme Islam. 

Beliau belajar tentang filsafat dan logika di Universitas Al-Azhar, Kairo, dan juga murid dari Jamaludin al-Afghani, seorang filsuf dan pembaharu yang mengusung gerakan Pan-Islamisme untuk menentang penjajahan Eropa di negara-negara Asia dan Afrika.

Muhammad Abduh diasingkan dari Mesir selama enam tahun pada 1882, karena keterlibatannya dalam Pemberontakan Urabi. Di Libanon, Muhammad Abduh sempat giat dalam mengembangkan sistem pendidikan Islam. 

Pada tahun 1884, ia pindah ke Paris, dan bersama al-Afghani menerbitkan jurnal Islam The Firmest Bond. Salah satu karya Abduh yang terkenal adalah buku berjudul Risalah at-Tawhid yang diterbitkan pada tahun 1897.

Di bawah pengaruh Al-Afghani, Abduh belajar jurnalisme, politik, dan dalam spiritualitas mistik. Oleh Al-Afghani, Muhammad Abduh diajarkan tentang masalah Mesir, dunia Islam dan tentang pencapaian teknologi Barat. 

Di bawah pengaruh al-Afghani, Muhammad Abduh bergabung dengan Freemason dan belajar tentang Islam klasik di bidang astronomi, logika, metafisika, teologi, dan mistik.

Pada 1877, Muhammad Abduh dianugerahi tingkat Alim dan ia mulai mengajar logika, teologi dan etika di al-Azhar. Ia diangkat sebagai profesor sejarah di Kairo guru 'akademi pelatihan ʿDar al-Ulum pada tahun 1878. Ia juga ditunjuk untuk mengajar bahasa Arab di Khedivial School of Languages. Beliau diangkat sebagai kepala editor al-ʾi Waqā al-Miṣriyyaʿ, surat kabar resmi negara.

Dia didedikasikan untuk mereformasi semua aspek masyarakat Mesir. Dia percaya bahwa pendidikan adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan ini. Ia mendukung pendidikan agama yang baik yang akan memperkuat moral anak dan pendidikan ilmiah yang akan memupuk kemampuan anak untuk alasan. Dalam artikel-artikel yang mengkritik kehidupan mewah orang kaya, korupsi dan takhayul.