Oded M Danial: Rindu Ramadan Tanpa Pandemi

Notification

×

Iklan

Iklan

Oded M Danial: Rindu Ramadan Tanpa Pandemi

Minggu, 09 Mei 2021 | 23:30 WIB Last Updated 2021-05-09T16:30:27Z


NUBANDUNG
- Efek pandemi Covid-19 masih terasa dan berdampak terhadap banyak aktivitas masyarakat. Salah satu dampak yang dirasakan adalah ibadah di bulan Ramadhan yang harus dibatasi dan diawasi.


Terkait hal ini, Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap agar masyarakat bisa memaklumi dan memahami kondisi di tengah pandemi ini. Oded mengatakan dia sendiri juga sudah rindu untuk menjalankan ibadah di masjid seperti keadaan normal.


Namun kondisi yang tidak memungkinkan membuat masyarakat harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan. "Saya juga sedih karena sudah sangat rindu ibadah di masjid. Tapi situasi dan kondisi harus menyesuaikan. Biasanya tarawih keliling, sekarang Safari Ramadhan juga sore," katanya.


Wali Kota berharap seluruh elemen masyarakat tak lelah melaksanakan berbagai upaya penanganan Covid-19. Kendati hidup dan mati urusan takdir, namun ia menegaskan, sebagai manusia sudah menjadi kewajibannya untuk berusaha.


"Memang kematian dan Covid-19 ini tidak ada hubungannya. Tapi kita harus berikhtiar untuk keluar dari wabah ini," tuturnya.


Oded juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan beberapa hari tersisa di penghujung Ramadhan dengan memperbanyak ibadah. Namun ia mengingatkan, jika dilaksanakan di masjid agar memperhatikan protokol kesehatan. Apabila tidak memungkinkan seyogyanya bisa dilakukan di rumah.


Sebab, lanjut dia, selain menjadi pundi tabungan pahala di bulan Ramadan, juga sekaligus sebagai upaya untuk mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan. "Mari kita jaga dan ikuti ketetapan Alquran. Makanya Quran diturunkan di bulan Ramadhan, jadi mari jadikan bulan ini sebagai momentum cinta Alquran," ujarnya.


Di samping itu, wali kota mengungkapkan, Allah telah menjanjikan kepada umat muslim bahwa siapapun yang akrab dengan Alquran menjadi salah satu kunci sukses kehidupan. "Dalam Alquran ini, Allah menyatakan ada tiga syarat kalau ingin selamat dunia akhirat dan sukses dalam kehidupan ini. Pertama ini cinta Alquran, kedua jangan malas salat, dan ketiga gemar berinfak," katanya.***


Sumber: pikiran-rakyat.com