5 Fitur Hebat WhatsApp yang Wajib Kamu Ketahui

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Fitur Hebat WhatsApp yang Wajib Kamu Ketahui

Rabu, 29 Desember 2021 | 15:15 WIB Last Updated 2021-12-29T08:15:57Z

NUBANDUNG – WhatsApp memang digunakan banyak orang sebagai platform bertukar pesan. Namun, ternyata ada fitur rahasia dari WA yang mungkin belum pernah disadari banyak orang – termasuk kamu?


Dirangkum detikINET dari CNETini dia lima fitur rahasia dari WhatsApp yang bisa kamu pelajari sekarang. No more secret!

1. Membuat pesan menghilang


Fitur yang tergolong baru dari WhatsApp ini memungkinkan kamu mengaktifkan opsi menghilangkan pesan untuk percakapan tertentu. Jika diaktifkan, semua pesan tersebut akan hilang dari obrolan setelah tujuh hari.

Nyalakan 'Disappearing Messages' dengan mengetuk kontak atau nama obrolan di bagian atas layar. Pilih 'Disappearing Messages' dari daftar opsi lalu ketuk 'On'

Ingatlah bahwa gambar apa pun yang kamu kirim atau terima secara otomatis disimpan ke ponsel milikmu atau penerima, jadi meskipun pesan dengan foto tersebut akan hilang, gambar sebenarnya mungkin saja masih disimpan.

2. Custom notifikasi


Alih-alih memiliki suara notif yang sama untuk setiap pesan masuk, kamu dapat mengatur notif khusus untuk setiap kontak. Ini supaya kamu bisa mengetahui siapa yang sedang menghubungi kamu.

Pengguna Android tinggal melakukan ini. Pertama-tama, ketuk ikon Menu saat melihat utas obrolan. Selanjutnya pilih View Contact > Custom Notification, centang kotak dan kemudian selesaikan pengaturannya.

Bagi mereka yang menggunakan WhatsApp di iPhone, ketuk nama kontak saat melihat utas obrolan, lalu pilih Custom Tone.

3. Ekspor percakapan


Kamu dapat mengekspor percakapan jika kamu memang perlu menyimpannya. Saat melihat percakapan, pengguna Android perlu mengetuk tombol Menu diikuti oleh More > Export Chat.

Di iPhone, prosesnya mirip yakni dengan melihat utas obrolan, mengetuk nama kontak di bagian atas layar, lalu menggulir ke bagian bawah halaman Contact Info dan memilih Eksport Chat

4. Lihat detail pesan


Pernah bertanya-tanya jam berapa pesan dikirim atau dibaca? Geser ke kiri pada pesan yang kamu kirim untuk melihat statistik tersebut di iPhone. Pengguna Android dapat menekan pesan beberapa saat, lalu ketuk tombol menu diikuti oleh Info.

5. Agar pesan mudah ditemukan


Dengan menekan bintang pada chat WhatsApp yang kamu inginkan, kamu bisa menemukan chat tersebut pada 'Starred Messages'. Caranya gampang yakni dengan menekan chat yang ingin disimpan, lalu tekan tombol bintang yang ada pada atas utas percakapan.

Sumber: detikINET