Instalasi Aplikasi WhatsApp Turun Hampir 43 Persen!

Notification

×

Iklan

Iklan

Instalasi Aplikasi WhatsApp Turun Hampir 43 Persen!

Rabu, 14 Juli 2021 | 16:16 WIB Last Updated 2021-07-14T09:16:11Z

NUBANDUNG
— Meskipun masih banyak orang yang menggunakan dan mengandalkan WhatsApp, tetapi secara global, instalasi aplikasi ini menurun hampir 43 persen. Signal

Penurunan itu terjadi antara Januari dan April 2021. Penyebabnya, diungkap oleh firma analisis aplikasi Sensor Tower, beberapa pengguna mempertimbangkan untuk mengunduh aplikasi Telegram dan Signal.

Pemasangan Telegram tumbuh 98 persen dalam periode Januari-April, dibandingkan dengan tahun lalu, di perangkat Android dan iOS. Aplikasi yang berfokus pada privasi, unduhan aplikasi pertama Signal melonjak hampir 1.200 persen dalam periode yang sama dibandingkan dengan tahun lalu.

Dilansir dari The Hindu, Rabu 19 Mei 2021, perusahaan milik Facebook mengumumkan pembaruan kebijakan privasi yang kontroversial pada Januari. Pengumuman ini memicu eksodus massal pengguna ke aplikasi saingan Signal dan Telegram.

Aplikasi seluler WhatsApp mengalami penurunan dalam pemasangan pertama kali, bahkan sebelum pembaruan Januari dengan 55,2 juta pemasangan secara global pada April tahun lalu, turun hampir 30 persen dari bulan sebelumnya.

Meskipun begitu, Sensor Tower mencatat, penurunan ini mungkin juga karena beberapa pengguna pindah ke desktop WhatsApp atau versi web.

WhatsApp sebetulnya terus melampaui pesaingnya dengan jumlah unduhan yang melewati 172 juta dalam empat bulan pertama tahun 2021, menurut Sensor Tower. Baik Signal maupun Telegram menyaksikan lonjakan adopsi di Januari, tetapi lonjakan itu melambat di bulan-bulan berikutnya.

WhatsApp telah menangguhkan batas waktu 15 Mei karena melawan pertanyaan peraturan di India. Pekan lalu, regulator Jerman di Hamburg melarang Facebook menggunakan data pribadi pengguna dari WhatsApp.

Sumber: Ayobandung.com