Dorong Kemajuan, IKAPI Kota Bandung Tingkatkan Literasi di Era Digital

Notification

×

Iklan

Iklan

Dorong Kemajuan, IKAPI Kota Bandung Tingkatkan Literasi di Era Digital

Minggu, 24 Juli 2022 | 14:03 WIB Last Updated 2022-07-24T07:03:04Z


NUBANDUNG.ID
– Keberadaan IKAPI tentu sangat penting dan strategis bagi Kota Bandung karena spirit untuk meningkatkan literasi masyarakat selalu ingin didorong dari waktu ke waktu. 


Demikian disampaikan Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M., saat menghadiri undangan Muscab Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Kota Bandung, di Aula Dispusip Kota Bandung, Kamis (21/7/2022).


“Di era digitalisasi, era media sosial, masyarakat itu kecenderungannya membaca tulisan-tulisan singkat dan pendek, bahkan hanya judul saja. Tidak dibaca kedalaman, apa-apa saja kedalaman kebijakan yang telah dipaparkan,” ucapnya.


Secara khusus, Tedy juga memberikan apresiasi pada kegiatan IKAPI ini.


“Mudah-mudahan kepengurusan IKAPI Kota Bandung terpilih mampu menambah dorongan bagi kemajuan Kota Bandung,” ujarnya.


Bagi Tedy, IKAPI begitu melekat pada diri pribadinya. Yang teringat dari IKAPI yakni gelaran rutin pameran buku di Landmark Bandung.


“Saya selalu hadir dalam pameran buku mencari buku-buku menarik, terbaru, dan mencerahkan. Karena di pameran itulah saya mendapatkan banyak hal,” katanya.


Perubahan di tengah masyarakat ini tentu menjadi tantangan. Visi Kota Bandung salah satunya adalah peningkatan SDM. Yang menjadi perhatian yakni bagaimana meningkatkan tingkat literasi masyarakat.


“IPM tinggi, tetapi di era media sosial semakin cepat, pembaca ingin kesimpulan yang cepat, itu menjadi tantangan kita. Mudah-mudahan dengan kegiatan hari ini menjadi momentum untuk membangkitkan minat baca masyarakat, tentunya dengan peran besar dari IKAPI. Kita harus semakin optimistis agar memicu kita menghadapi tantangan bersama di masa depan." pungkasnya.