Hati-Hati Kalau Berteman!

Notification

×

Iklan

Iklan

Hati-Hati Kalau Berteman!

Rabu, 04 Januari 2023 | 17:01 WIB Last Updated 2023-01-04T10:03:38Z


Oleh:  Idat Mustari,
Penceramah dan Advokat


NUBANDUNG.ID - Ajaran Islam menganjurkan kepada para pemeluknya untuk berhati-hati dalam hal pertemanan. Sebab teman adalah cermin diri. Kualitas kita ditentukan justru saat dalam pertemanan. 


Rasulullah saw. bersabda, “Seorang mukmin adalah cermin bagi mukmin yang lain ” (HR. Bukhari dan Abu Daud).


Begitupun para sahabat Nabi saw dan para imam membahas tentang pertemanan, seperti Imam Al-Ghazali, Imam Nawawi, Imam Syafei’I secara khusus memberi nasehat-nasehatnya tentang itu. 


Umar Bin Khatab pernah berpesan: “Berhati-hatilah terhadap temanmu kecuali teman yang dapat dipercaya. Jangan berteman dengan pembohong, maka dirimu akan merasakan kebohongannya. Jangan pernah meminta pendapat tentang persoalanmu kecuali kepada orang yang takut kepada Allah.”


Sang Bijak berkata, "Tidak semua orang bisa jadi teman dekat bahkan  dirimu harus menjaga jarak pada orang: 1. Yang tidak menghargaimu, 2. Yang Membohongimu, dan 3. Yang hanya memperalat dirimu." 


Semoga di tahun 2023 kita banyak dipertemukan dengan orang yang berhati baik dan mulia, sebab ini adalah Anugerah dari Allah Azza wa Jalla.


Met aktivitas di hari senin pertama di tahun 2023. Semoga sehat selalu, panjang umur, bahagia dan diluaskan rezekinya.***


Salam takjim

Idat Mustari