Luar Biasa! Mahasiswa UIN SGD Raih Juara 1 Pemilihan Duta Pajak Kabupaten Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Luar Biasa! Mahasiswa UIN SGD Raih Juara 1 Pemilihan Duta Pajak Kabupaten Bandung

Rabu, 05 April 2023 | 09:15 WIB Last Updated 2023-04-05T05:18:56Z






NUBANDUNG.ID-Aliya Arini Fadilah, mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung meriah juara 1 Pemilihan Duta Pajak Kabupaten Bandung, Rabu (08/03/2023).


Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan salah satu modal keberhasilan dalam mencapai tujuan pembangunan daerah.


Dikutip dari Diskominfo, pemilihan Duta Pajak ini tentunya mendapat apresiasi dari Bupati Kabupaten Bandung, Bupati Dadang Supriatna, dengan harapan Duta Pajak yang merupakan putra putri Kabupaten Bandung ini dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan kesadaran Wajib Pajak Daerah. Karena dengan meningkatkan PAD dapat menentukan kapasitas daerah dalam menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan. baik pelayanan publik maupun pembangunan.


Bupati DS juga berpesan kepada jajaran Bapenda agar bertindak lebih proaktif, jangan hanya menunggu, tapi kejar peluang dengan maksimal. Dengan demikian kendala-kendala yang dihadapi dapat ditangani dengan efektif, dan hasil pembangunan dapat dirasakan secara nyata dan cepat oleh masyarakat yang kita layani.


“Apresiasi sebesar-besarnya dengan harapan Duta Pajak yang merupakan putra dan putri Kabupaten Bandung ini dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan kesadaran Wajib Pajak Daerah. Dengan demikian kendala-kendala yang dihadapi dapat ditangani dengan efektif, dan hasil pembangunan dapat dirasakan secara nyata dan cepat oleh masyarakat yang kita layani,” tegasnya.


Melalui akun instagram bandungpemkab, kegiatan Duta Pajak merupakan program dari BAPENDA (Badan Pendapatan Daerah) Kabupaten Bandung. Tujuannya untuk mencari putra dan putri Kabupaten Bandung yang dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak daerah dan mendongkrak potensi pajak daerah.


Perempuan kelahiran Bandung, 15 Maret 2001 ini menyampaikan, sebelumnya telah megikuti kegiatan yang sama dan menjadi Duta Favorite Pendidikan Matematika di jurusannya pada tahun 2022, “Alhamdulillah kembali menjadi Duta Kosmetik Aman BPPOM Bandung di tahun yang sama,” tegasnya dikutip dari UIN Bandung, Rabu (5/4/2023).


Aliya sapaan akrabnya menjelaskan tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam kegiatan Duta Pajak ini, yaitu setidaknya ada 4 tahap seleksi meliputi : 1. Administrasi (50-60 orang); 2. Wawancara; 3. Pembekalan; 4. Final Moment 1 (10 besar) dan Final Moment 2 (5 besar)


Hasil Duta Pajak itu menetapkan Juara I Aliya Arini Fadilah (UIN Sunan Gunung Djati Bandung); Juara II Rayhan Ananta Yukas (Universitas Padjadjaran), Juara III Syifa Nur Anisya (Universitas Brawijaya). “Ketiga orang tersebut, merupakan orang terpilih yang dimana nantinya akan dilibatkan kedalam setiap acara BAPENDA Kabupaten Bandung,” jelasnya.


Tidak hanya itu, nantinya setelah selesai dari kegiatan ini mereka akan membuat sebuah project atau program unggulan bersama dengan BAPENDA dan diikutsertakan untuk mengikuti seluruh rangkaian sosialisasi mengenai pajak khususnya di daerah Kabupaten Bandung.


Atas pencapaian yang diraihnya ini, Aliya yang memiliki motto “Bergerak mengikuti arus tanpa terbawa olehnya” mengatakan “Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT atas kesempatan yang telah diberikannya dan juga ucapan terima kasih kepada orang tua dan temantemannya yang selalu memberikan support atau semangat kepadanya. Saya berpesan teruntuk para mahasiswa adalah berkembanglah meskipun kita dalam masa belajar,” pungkasnya.